Sundari, Sundari (2020) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Persaingan Usaha di Pasar Tradisional Somoroto Desa Somoroto Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.
|
Text
SKRIPSI SUNDARI.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK
Sundari, 2020. Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Persaingan Usaha
Pedagang Di Pasar Tradisional Somoroto di Desa Somoroto Kecamatan
Kauman Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah,
Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing Dr. Miftahul Huda M,Ag.
Kata kunci: etika bisnis, persaingan usaha.
Bisnis merupakan bagian dari ekonomi dan mempunyai peranan sangat
vital dalam memenuhi kebutuhan manusia. Bisnis adalah kegiatan ekonomi
dengan tujuan memperoleh keuntungan. Salah satu tempat berlangsungnya
kegiatan bisnis adalah pasar. Pasar merupakan tempat bertemunya para penjual
dan pembeli. Salah satunya adalah pasar somoroto yang teletak di kecamatan
kauman dengan pedagang yang mayoritas beragama islam. meskipun demikian,
adanyab persaingan yang begitu tinggi para pelaku bisnis menggunakan segala
cara untuk mendapatkan keuntungan, bahkan para pelaku bisnis sering
mengabaikan etika bisnis islam dalam menjalankan bisnisnya.
Berangkat dari latar belakang permasalahan di atas, penelitian ini
dilakukan untuk mengetahui (1). Bagaimana tinjauan etika bisnis islam terhadap
persaingan usaha para pedagang di pasar tradisional somoroto Desa Somoroto
Kecamatan Kauman Kabupaten Ponorogo? (2). Bagaimana tinjauan etika bisnis
islam terhadap penyelesaian masalah dalam persaingan usaha pedagang di Pasar
tradisional Somoroto Desa Somoroto Kecamatan Kuaman Kabupaten Ponorogo?
Jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan
(field research) serta menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan
data yang dilakukan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data
diperoleh kemudian diolah, selanjutnya dianalisis dengan mengggunakan metode
induktif.
Melalui penelitian ini penulis dapat menyimpulkan bahwa: pertama,
persaingan usaha di Pasar Somoroto meliputi tiga aspek yaitu kualitas produk,
harga, dan pelayanan. Menurut etika bisnis islam ketiga aspek tersebut ada yang
di sudah sesuai dengan prinsip etika bisnis yakni prinsip kesatuan, keseimbangan,
kehendak bebas dan tanggungjawab. dan ada yang belum sesuai dengan etika
bisnis islam yang dapat merugikan pedagang lain yakni saling menjatuhkan
sesama pedagang sehingga tidak sesuai dengan prinsip etika bisnis bislam yakni
prinsip kejujuran, kesatuan dan tanggungjawab. Kedua, etika bisnis islam
terhadap penyelesaian masalah yang terjadi di pas ar tradisional somoroto ada lima
strategi penyelesaian yakni, strategi kompetisi, strategi akomodasi, strategi
kolaborasi, strategi penghindaran konflik, serta strategi kompromi atau negosiasi.
Menurut etika bisnis islam kelima strategi itu sudah memnuhi syarat dalam etika
bisnis islam, karena dengan menggunakan strategi-strategi tersebut para pedagang
lebih mudah untuk menyelesaikan masalah yang ada, seperti tentang harga mereka
saling komprosi serta negosiasi untuk menentukan harga dimana semua para
pedagang tidak ada yang dirugikan dan semua mersa adil dalam bermain harga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Thesis Supervisor: | Miftahul Huda |
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah |
Depositing User: | Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 04:00 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 04:00 |
URI: | http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10688 |
Actions (login required)
View Item |