Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Nilai Hedonik Terhadap Kepuasan Belanja Mahasiswa IAIN Ponorogo Pada Situs Belanja Online

Istirokhah, Nening (2020) Pengaruh Nilai Utilitarian Dan Nilai Hedonik Terhadap Kepuasan Belanja Mahasiswa IAIN Ponorogo Pada Situs Belanja Online. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NENING ISTIROKHAH publikasi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Brown berpendapat bahwa kepuasan konsumen yaitu suatu kondisi dimana kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap sebuah produk atau jasa, sesuai atau terpenuhi dengan penampilan dari produk atau jasa. Namun pada kenyataannya setelah kebutuhan atau nilai utilitarian terpenuhi ada yang tidak merasa puas karena saat ini para mahasiswa dalam berbelanja tidak hanya mementingkan dari segi kebutuhan saja melainkan keinginan atau nilai hedonik. Begitu pula sebaliknya
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah nilai utilitarian berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan belanja mahasiswa IAIN Ponorogo pada situs belanja online?. Apakah nilai hedonik berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan belanja mahasiswa IAIN Ponorogo pada situs belanja online?. Apakah nilai utilitarian dan nilai hedonik berpengaruh bersama-sama terhadap kepuasan belanja mahasiswa IAIN Ponorogo pada situs belanja online?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Ponorogo yang pernah berbelanja di situs belanja online. Untuk jumlah sampel yang diperoleh yaitu berjumlah 100 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode uji instrument, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Pengujian ini dilakukan menggunakan bantuan Software Statistic SPSS 21.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel nilai utilitarian secara parsial, menunjukkan t hitung 3,354>t tabel 1,98447 dan signifikan 0,001<0,05, yang artinya variabel nilai utilitarian berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap kepuasan belanja. Variabel nilai hedonik secara parsial, menunjukkan t hitung 12,735>t tabel 1,98447 dan signifikan 0,000<0,05 yang artinya variabel nilai hedonik berpengaruh positif dan signifikan secara pasial terhadap kepuasan belanja. Berdasarkan pengujian secara simultan (uji F), terlihat bahwa F hitung 162,898>F tabel 3,09 dengan nilai signifikan sebesar 0,000<0,05 yang artinya variabel nilai utilitarian dan nilai hedonik secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan belanja. Angka R square sebesar 77,1% menunjukkan pengaruh antara nilai utilitarian dan nilai hedonik terhadap kepuasan belanja. Sedangkan sinsanya 22,9% dipengaruhi dan dijelaskan oleh faktor-fator lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2020 02:33
Last Modified: 26 Jun 2020 02:37
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10684

Actions (login required)

View Item View Item