Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Rujak Buah Di Aloon-aloon Ponorogo Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Indrayana, Herpian (2020) Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Rujak Buah Di Aloon-aloon Ponorogo Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
herpian indrayana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Indrayana, Herpian. Analisis Strategi Pemasaran Pedagang Rujak Buah Di Aloon-aloon Ponorogo Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah.

Kata Kunci: Pedagang Rujak Buah, Pemasaran Syariah

Perkembangan bisnis saat ini semakin lama semakin menonjol akan kompleksitas, persaingan, perubahan, dan ketidakpastian. Keadaan ini menimbulkan persaingan yang tajam antar perusahaan, karena hal tersebut setiap perusahaan harus memperhatikan proses pemasaran yang sesuai dengan bisnis yang dijalankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis strategi pemasaran pedagang rujak buah di Aloon-aloon Ponorogo dalam perspektif ekonomi Islam. Informan dalam penelitian ini adalah para pedagang rujak buah dan para konsumen.
Selama ini para pedagang kaki lima belum menerapkan strategi pemasaran secara efektif dan masih berpedoman bahwa rezeki setiap manusia sudah ada yang mengatur. Para pedagang rujak buah ini mengeluhkan hasil penjualan masih bergantung pada jumlah pengunjung yang datang ke Aloon-aloon tersebut. Berdasarkan hal tersebut yang mengakibatkan perkembangan bisnis cenderung stagnan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengecekan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Analisis data dilakukan dengan induksi data yang kemudian menariknya menjadi kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan pedagang rujak buah sudah sesuai dengan karakteristik pemasaran syariah, yang terdiri dari aspek ketuhanan, etis, realistis, dan humanistis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Jun 2020 02:55
Last Modified: 26 Jun 2020 02:55
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10681

Actions (login required)

View Item View Item