(FILE KOSONG)Pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo Terhadap Praktik Pemasangan Susuk Sebagai Pengobatan

Anansyah, Zirdanas Qur'anaf Fitrian (2020) (FILE KOSONG)Pandangan Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo Terhadap Praktik Pemasangan Susuk Sebagai Pengobatan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Anansyah, Zirdanas Q F. 2020. Pandangan Tokoh Nahdatul Ulama (NU) Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo Terhadap Praktik Pemasangan Susuk Sebagai Pengobatan, Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Miftahul Huda, M. Ag.
Kata Kunci: Hukum, Istinbath, Pemasangan Susuk
Penelitian ini berangkat dari latar belakang pemasangan susuk yang dilakukan di kecamatan mlarak kabupaten ponorogo. Susuk digunakan untuk bermacam-macam keperluan, dan salah satu tujuan dari pemasangan susuk adalah untuk pengobatan. Sedangkan asumsi yang beredar dimasyarakat, bahwa memasang susuk merupakan hal yang dianggap tidak masuk akal, bahkan ada pendapat lain yang mengatakan bahwa hal tersebut merupakan salah satu bentuk kemusyrikan. Secara definitif Nahdlatul Ulama memberikan arti istinbath hukum dengan upaya mengeluarkan hukum syara dengan al-qawāid al-fiqhīyah dan al-qawāidal-ushūlīyah baik berupa adillah ijmāliyah, adillah Metode Istinbath Hukum Nahdlatul Ulama tafshiliyah, maupun adillah ahkam. Berawal dari permasalahan diatas, peneliti memfokuskan penelitian dengan rumusan masalah: 1) Bagaimana pandangan tokoh Nahdhatul Ulama (NU) Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo terhadap hukum pemasangan susuk sebagai pengobatan? 2) Bagaimana istinbath tokoh Nahdhatul Ulama(NU) Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo terhadap pemasangan susuk sebagai pengobatan?
Dalam rangka menemukan data dan hasil dalam penelitian ini yang merupakan penelitian lapangan, penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan sumber data dalam penelitian ini diambil melalui metode wawancara. Untuk mencapai hasil yang diinginkan data yang diperoleh kemudian diolah melalui beberapa tahapan, yaitu reduksi, display dan kesimpulan.
Dari pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Pandangan tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Kecamatan Mlarak terhadap dasar hukum pemasangan susuk sebagai pengobatan terdapat khilaf (beda pendapat). Dari beberapa tokoh Nahdlatul Ulama (NU) kecamatan Mlarak, terdapat 5 tokoh yang menghukumi boleh memasang susuk sebgai pengobatan dan 1 tokoh lainnya menghukumi tidak boleh memasang susuk sebagai pengobatan. 2) Metode istinbath yang digunakan tokoh nahdlatul ulama kecamatan mlarak dalam menanggapi pemasangan susuk sebagai pengobatan menggunakan metode istinbath dalam karja baḥth al-masā‟il yaitu metode qawlī, metode manhājī dan metode bayani.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Dr. Miftahul Huda, M.Ag
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2020 06:23
Last Modified: 25 Jun 2020 06:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10677

Actions (login required)

View Item View Item