Studi Komparasi Hasil Belajar PAI antara Siswa Kelas VIII yang Mengikuti Program Kelas Tahfidz dan Program Kelas Prestasi (Excellent Class) di MTs Negeri 1 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran: 2019/2020

Rohmah, Lilik Eka Nur (2020) Studi Komparasi Hasil Belajar PAI antara Siswa Kelas VIII yang Mengikuti Program Kelas Tahfidz dan Program Kelas Prestasi (Excellent Class) di MTs Negeri 1 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran: 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LILIK EKA NUR ROHMAH_210316009_UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Rohmah, Lilik Eka Nur. 2020. Studi Komparasi Hasil Belajar PAI antara Siswa Kelas VIII yang Mengikuti Program Kelas Tahfidz dan Program Kelas Prestasi (Excellent Class) di MTs Negeri 1 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran: 2019/2020. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Program Tahfidz, Program Prestasi

Hasil belajar merupakan pencapaian siswa setelah melakukan proses belajar dan kemampuannya setelah menerima pengalaman belajar. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor internal seperti kecerdasan, kemauan belajar, serta faktor eksternal seperti alat pelajaran, ruang dan penerangan yang baik, waktu belajar yang cukup, dan pelaksanaan pembelajaran. Khususnya di MTsN 1 Kabupaten Madiun yang memiliki beberapa jenis program kelas, diduga dapat menyebabkan perbedaan hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Mengetahui hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII yang mengikuti program kelas tahfidz di MTsN 1 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. (2) Mengetahui hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VIII yang mengikuti program kelas prestasi (Excellent Class) di MTsN 1 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020. (3) Mengetahui apakah ada perbedaan hasil belajar PAI antara siswa kelas VIII yang mengikuti program kelas tahfidz dengan siswa yang mengikuti program kelas prestasi (Excellent Class) di MTsN 1 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2019/2020.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Dengan populasi sekaligus sampel sejumlah 110 siswa. sampel diambil dengan teknik Nonprobability Sampling jenis Sampling jenuh. Teknik analisis data menggunakan teknik statistik inferensial dengan uji analisis komparasional menggunakan uji T-test.
Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan : (1) Presentase hasil belajar PAI siswa kelas VIII yang mengikuti program kelas tahfidz di MTsN 1 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020 dalam kategori baik sebesar 10%, kategori cukup sebesar 74%, dan kategori kurang sebesar 16%. (2) Presentase hasil belajar PAI siswa kelas VIII yang mengikuti program kelas prestasi (Excellent Class) di MTsN 1 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020 dipresentasekan dalam kategori baik sebesar 16,7%, kategori cukup sebesar 68,3%, dan kategori kurang sebesar 15%. (3) Ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar PAI siswa kelas VIII yang mengikuti program kelas tahfidz dengan yang mengikuti program kelas Prestasi (Excellent Class) di MTsN 1 Kabupaten Madiun tahun pelajaran 2019/2020. Pernyataan ini didasarkan atas perhitungan hipotesis yang menyatakan pada taraf signifikansi 5% maupun 1%, Ha diterima dan H0 ditolak. Hal ini dibuktikan dengan uji t-test, diperoleh hasil t0 diperoleh sebesar 4,0223. Sedangkan tt Pada taraf signifikansi 5%, sebesar = 1,658 dan pada taraf signifikansi 1% diperoleh tt = 2,358.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu’man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2020 06:23
Last Modified: 25 Jun 2020 06:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10676

Actions (login required)

View Item View Item