Pandangan Tokoh Ulama NU Ponorogo Terhadap Praktik TKI Ilegal

Masrofi, Zen (2020) Pandangan Tokoh Ulama NU Ponorogo Terhadap Praktik TKI Ilegal. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ZEN MASROFI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Masrofi, Zen. 2020. Pandangan Tokoh Ulama NU Ponorogo Terhadap Praktik TKI Ilegal. Skripsi Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. H. Moh. Munir Lc., M.Ag.
Kata Kunci: Nahdlatul Ulama (NU), istinba>t}, TKI ilegal.
Penelitian ini berangkat dari latar belakang masih banyaknya permasalahan TKI ilegal yang terjadi di masyarakat khususnya Kabupaten Ponorogo, yang dikenal sebagai salah satu daerah pengirim TKI terbesar di Indonesia. TKI ilegal sendiri merupakan Tenaga kerja indonesia yang tidak melalui prosedur resmi sebagaimana yang diatur oleh pemerintah. Di Kabupaten Ponorogo sendiri, jumlah warga Nahdlatul Ulama (NU) sangat besar dan memiliki kecenderungan untuk menjadikan para tokoh Ulama NU baik yang berasal dari struktural organisasi maupun dari segi kultural tersebut sebagai panutan dalam kehidupan sehari-hari.
Dari latar belakang di atas, penulis ingin mengkaji permasalahan mengenai: (1) Bagaimanakah pandangan tokoh Ulama NU Ponorogo terhadap praktik TKI ilegal, (2) Bagaimanakah metode istinba>t} hukum tokoh Ulama NU ponorogo terhadap praktik TKI ilegal.

Menurut jenisnya sendiri penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Adapun sumber data dalam penelitian ini diambil melalui metode wawancara. Jenis pendekatan yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deduktif. Untuk teknik pengolahan data, menggunakan cara editing, organizing dan penemuan hasil penelitian. Dalam penelitian ini landasan teori yang digunakan adalah metode istinba>t} hukum yang digunakan Nahdhatul Ulama.

Dari pembahasan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Pandangan tokoh Ulama NU Ponorogo terhadap praktik TKI ilegal, dari ke 5 tokoh terdapat khilaf (beda pendapat), 4 tokoh sependapat untuk melarangnya, dan 1 tokoh membolehkannya dengan syarat tertentu. (2) Metode istinba>t yang digunakan tokoh ulama NU Ponorogo dalam menanggapi praktik TKI ilegal menggunakan metode istinba>t} dalam baḥth al-masā’il yaitu metode qawlī, dan metode manhājī. Serta metode istinbath al-ahkam dalam Nahdlatul Ulama yaitu bayani dan istis}la>hi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Moh. Munir
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2020 06:21
Last Modified: 02 Jul 2020 03:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item