Analisis Kelayakan Buku Teks Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs Berdasarkan BSNP (Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian Materi, Kelayakan Bahasa)

Nurhayati, Dian (2020) Analisis Kelayakan Buku Teks Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs Berdasarkan BSNP (Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian Materi, Kelayakan Bahasa). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
DIAN NURHAYATI_210316436_UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurhayati, Dian. “Analisis Kelayakan Buku Teks Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs Berdasarkan BSNP (Kelayakan Isi, Kelayakan Penyajian Materi, Kelayakan Bahasa)”. Skripsi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr.Muhammad Thoyyib, M.Pd.

Kata Kunci: Buku Teks Siswa, Al-Qur’an Hadits, BSNP.

Penelitian ini merupakan bentuk analisis terhadap buku ajar yang menjadi acuan dalam proses pembelajaran peserta didik sesuai kurikulum yang diberlakukan. Pemilihan buku ajar perlu melihat dan mempertimbangkan berbagai segi yang wajib memenuhi empat unsur kelayakan sesuai ketentuan Badan Standar Nasional Pendidikan, yaitu kelayakan isi, kelayakan penyajian materi, kelayakan bahasa, dan kelayakan kegrafikan. Seperti halnya, buku teks Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs ini telah mengalami beberapa inovasi setiap diterbitkan karena terdapat beberapa kesalahan, diantaranya kurangnya ketelitian yang berhubungan dengan kaidah penulisan teks arab, penyajian materi yang mempersulit peserta didik.
Penelitian ini berfokus untuk mengetahui layak atau tidaknya buku teks pelajaran yang ditinjau dari segi isi, penyajian materi, dan bahasa khususnya. Pertanyaan yang ingin dijawab dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana kelayakan isi materi buku teks Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs berdasarkan BSNP?, (2) Bagaimana kelayakan penyajian materi buku teks Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs berdasarkan BSNP?, (3) Bagaimana kelayakan bahasabuku teks Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs bersarkan BSNP?.
Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kepustakaan (Library Research) melalui metode dokumentasi dengan Teknik analisisnya adalah analisis isi (content analysis). Analisis data dilakukan secara sistematis dan logis dimulai dari membaca dan menelaah data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pertama, isi materi buku teks Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs yang ditinjau berdasarkan ketentuan BSNP sudah layak digunakan, dengan prosentase 100%. Kedua, penyajian materi buku teks Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs yang ditinjau berdasarkan ketentuan BSNP sudah layak digunakan, dengan prosentase 91%. Ketiga, Bahasa yang digunakan dalam buku teks Al-Qur’an Hadits Kelas IX MTs juga sudah layak digunakan, dengan prosentase 91%. Hasil analisis data ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ketiga kategori diatas telah akurat digunakan dalam penilaian kelayakan buku teks berdasarkan BSNP.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:33
Last Modified: 25 Jun 2020 04:33
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10670

Actions (login required)

View Item View Item