Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa Kelas IV Di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo

Fatikhah, Mauliga Hana (2020) Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa Kelas IV Di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_MAULIGA HANA F_PGMI_210616149.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fatikhah, Mauliga Hana, 2020. Pelaksanaan Pendidikan Multikultural Dalam Upaya Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa Kelas IV Di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ali Ba’ul Chusna, M.SI.

Kata Kunci: Pendidikan Multikultural, Toleransi.
Pendidikan multikultural merupakan suatu pendekatan progresif untuk melakukan transformasi pada dunian pendidikan, hal ini menjadikan pendidikan multikultural menjadi salah satu concern dari pasal 4 UU NO. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan Nasional. Pendidikan multikultural tidak lepas dari sikap toleransi karena keduanya adalah satu kesatuan yang harus dilihat dengan satu tarikan nafas agar dapat berjalan dengan seksama. SDIT Qurota A’yun Ponorogo adalah sekolah dasar Islam terpadu dengan berbagai macam keragaman peserta didik seperti suku, daerah, strata sosial, organisasi masyarakat, sikap, sifat, gender ideologi dan kebudayaan yang sangat bermacam. Sekolah ini merupakan sekolah yang menerapkan pendidikan multikultural melalui pembelajaran dan pembiasaan perilaku dalam kegiatan sehari-hari, iklim sekolah dengan siswa yang beragam dan sangatlah banyak ditambah dengan program rancangan sekolah untuk penanaman karakter menjadikan sekolah ini memiliki daya tarik untuk diteliti lebih lanjut mengenai bagaimana menyikapi keragaman yang ada dengan upaya penanaman siap toleransi. Hal ini sesuai dengan prinsip sekolah yaitu ”Berdiri diatas dan untuk semua golongan”. Dengan demikian penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mengetahui bagaimana sikap toleransi siswa kelas IV SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. (2) mengetahui pelaksanaan pendidikan multikultural dalam upaya menumbuhkan sikap toleransi pada peserta didik kelas IV SDIT Qurrota A’yun Ponorogo. (3) mengetahui dampak pelaksanaan pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi siswa kelas IV di SDIT Qurrota A’yun Ponorogo.
Metode penyelesaian masalah yang digunakan SDIT Qurrota A’yun tentang pelaksanaan pendidikan multikultural dalam upaya menumbuhkan sikap toleransi siswa kelas IV adalah menggunakan penerapan sikap toleransi dalam kegiatan sehari hari dan gurulah sebagai contohnya, melakukan pendekatan dengan nilai pancasila yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari dan penerapan pengetahuan pendidikan multikultural menggunakan model pelajaran yang include dalam modul pelajaran tematik,ditambah dengan adanya program kegiatan sekolah yaitu bina kelas.
Dari penelitian ini ditemukan bahwa (1) sikap toleransi siswa kelas IV SDIT Qurrota A’yun Ponorogo melalui observasi kegiatan sehari-hari yang dilakukan siswa-siswi SDIT Qurrota A’yun adalah saling menghargai satu sama lain akan perbedaan ideologi, tidak membeda-bedakan strata sosial yang ada, menyadari persamaan gender, bekerjasama dalam tim dengan siswa yang multi budaya, saling membantu ketika teman kesusahan, menerima dengan senang hati perbedaan logat bicara teman yang berbeda (2) pelaksanaan pendidikan multikultural dalam upaya menumbuhkan sikap toleransi pada peserta didik kelas IV SDIT Qurrota A’yun Ponorogo menggunakan metode contoh, dengan pendekatan penanaman nilai karakteristik pancasila, menggunakan model pembelajaran yang include dalam modul pembelajaran tematik, dan menggunakan strategi cooperative learning, social analisis dan model kepekaan (3) dampak pelaksanaan pendidikan multikultural terhadap sikap toleransi siswa kelas IV SDIT Qurrota A’yun Ponorogo mencangkup dampak positif dan dampak jika pelaksanaan pendidikan multikultural tidak tersampaikan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:05
Last Modified: 25 Jun 2020 03:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10662

Actions (login required)

View Item View Item