Mekanisme Analisis Kelayakan Agunan Sebagai Keputusan Pemberian Pembiayaan Usaha Mikro BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ngawi

Rusmarita, Prima (2020) Mekanisme Analisis Kelayakan Agunan Sebagai Keputusan Pemberian Pembiayaan Usaha Mikro BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
PRIMA RUSMARITA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rusmarita, Prima. 2020. Mekanisme Analisis kelayakan Agunan Sebagai Keputusan Pemberian Pembiayaan Usaha Mikro BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Ngawi. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Unun Roudlotul Janah, M.Ag.
Kata Kunci: Harga pasar, Marketability, Ascertainability of value, Stability of value, Transferability.
BRIS KCP Ngawi memiliki produk pembiayaan mikro yang dikhususkan untuk pengusaha kecil, yaitu pembiayaan mikro 25 iB, mikro 75 iB, mikro 200 iB, dan KUR, dengan menggunakan akad murabahah. Produk pembiayaan mikro yang paling diminati di BRIS KCP Ngawi adalah pembiayaan KUR mikro iB dikarenakan nasabah dapat mengangsur dengan jangka waktu 60 bulan serta tidak diwajibkan adanya agunan. Jika menggunakan agunan, agunan tersebut tidak mengcover plafond pembiayaan. Dengan demikian, dalam pembiayaan KUR mikro iB ini memiliki banyak risiko yaitu, nasabah tidak segera mengansur pembiayaan KUR mikro iB hingga jatuh tempo dan hasil penjualan agunan tidak dapat mengcover kewajiban nasabah. Berdasarkan uraian di atas, peneliti ingin mengetahui mekanisme analisis harga agunan pembiayaan mikro di BRIS KCP Ngawi dan mekanisme pengambilan keputusan menggunakan MAST (Marketability, Ascertainability of value, Stability of value, Transferability) agunan pembiayaan mikro di BRIS KCP Ngawi
Jenis penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, dianalisa dengan menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mekanisme analisis harga agunan pembiayaan mikro di BRIS KCP Ngawi, pihak bank menggunakan harga pasar. Mekanisme analisis harga pasar agunan pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Ngawi sudah dilakukan akan tetapi ada temuan lain yang belum sepenuhnya dilakukan, yakni harga pasar agunan terdapat barang tidak bergerak diperbolehkan tidak mengcover pembiayaan. Sedangkan, mekanisme pengambilan keputusan menggunakan MAST (Marketability, Ascertainability of value, Stability of value, Transferability) agunan pembiayaan mikro di BRI Syariah KCP Ngawi, untuk unsur marketability sudah dilakukan, akan tetapi ada temuan lain yang belum sepenuhnya dilakukan yaitu, melihat agunan dari cakupan harga pasar yang menarik dan meningkat dari waktu ke waktu belum sesuai karena agunan barang bergerak, harga pasar cenderung mengalami penurunan harga. Unsur ascertainability of value belum sepenuhnya dilakukan, karena pada praktiknya tidak menilai stabilitas dari pada nilai agunan dan unsur transferability sudah dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:39
Last Modified: 25 Jun 2020 02:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10655

Actions (login required)

View Item View Item