Pengaruh Pembiayaan Murābaḥah dan Ijārah Terhadap Tingkat Laba Bersih dengan Return On Asset (ROA) Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Periode 2015-2019

Astuti, Erika Febriana Dewi (2020) Pengaruh Pembiayaan Murābaḥah dan Ijārah Terhadap Tingkat Laba Bersih dengan Return On Asset (ROA) Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Periode 2015-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ERIKA (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Astuti, Erika Febriana Dewi. 2020. Pengaruh Pembiayaan Murābaḥah dan Ijārah Terhadap Tingkat Laba Bersih Dengan Return On Asset (ROA) Sebagai Variabel Intervening Pada Bank Umum Syariah Periode 2015-2019. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Hanik Fitriani, M.E.Sy.
Kata Kunci : Kinerja Keuangan, Profitabilitas, Path Analysis
Laba merupakan indikator yang dapat digunakan untuk mengukur kinerja operasional bank syariah. Penelitian ini dalam mengukur kinerja keuangan salah satunya dengan menggunakan profitabilitas ROA sebagai variabel intervening. Secara umum besar kecilnya keuntungan bank ditentukann oleh return atas pembiayaan yang disalurkan. Diantaranya dipengaruhi oleh pembiayaan murābaḥah dan ijārah. Secara teori, pembiayaan murābaḥah dan ijārah berpengaruh terhadap ROA. Semakin tinggi pembiayaan murābaḥah dan ijārah maka semakin tinggi juga tingkat return yang dihasilkan. Namun pada faktanya, peneliti menemukan data laporan keuangan BUS pembiayaan murābaḥah dan ijārah meningkat namun tidak disertai dengan meningkatnya ROA justru malah mengalami penurunan. Rumusan masalah penelitian ini bermaksud untuk meneliti apakah pembiayaan murābaḥah dan ijārah secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap ROA?, Apakah murābaḥah, ijārah dan ROA berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap tingkat laba bersih pada BUS?, Apakah ROA dapat memediasi antara pembiayaan murābaḥah dan ijārah terhadap tingkat laba bersih pada BUS?.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif asosiatif. Jenis data sekunder dari triwulan I 2015-triwulan III 2019. Data diambil dari OJK/website bank terkait. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh 3. Analisa data menggunakan uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan berganda, uji hipotesis dan analisa jalur/path analys.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial murābaḥah dan ijārah tidak berpengaruh terhadap ROA dengan masing-masing nilai signya sebesar 0,304 dan 0,414. Sedangkan secara simultan nilai signya sebesar 0,337. Pembiayaan murābaḥah, ijārah dan ROA secara parsial berpengaruh terhadap tingkat laba bersih dengan masing-masing signya sebesar 0,000, 0,016 dan 0,000. Sedangkan secara simultan signya sebesar 0,000. Hasil analisa jalur menunjukkan bahwa ROA tidak dapat memediasi pembiayaan murābaḥah dan ijārah terhadap tingkat laba bersih karena nilai tidak langsung < nilai langsung dengan masing-masing nilainya sebasar 0,067353 < 0,490 dan 0,053694 < 0,263. Berdasarkan hasil pembahasan di atas perbankan syariah diharapkan perlu meningkatkan return sehingga mampu menghasilkan tingkat laba bersih atas pembiayaan yang telah disalurkan kepada nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2020 04:43
Last Modified: 24 Jun 2020 06:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10648

Actions (login required)

View Item View Item