(FILE KOSONG)Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Pada Bank Syariah Periode 2018-2019

Diana, Tri Diana (2020) (FILE KOSONG)Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Pada Bank Syariah Periode 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Diana, Tri. 2020. Pengaruh Earning Per Share, Price Earning Ratio, Dan Net Profit Margin Terhadap Harga Saham Pada Bank Syariah Periode Tahun 2018-2019 Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Ponorogo. Pembimbing : Hanik Fitriani, M.E.Sy.
Kata kunci: EPS, PER, NPM
Harga saham merupakan salah satu indikator keberhasilan pengelolaan perusahaan. Berdasarkan pada laporan keuangan bank syariah, harga saham dapat dipengaruhi oleh EPS, PER, dan NPM. Secara teori, variabel EPS berpengaruh positif terhadap harga saham karena meningkatnya EPS perusahaan maka akan banyak investor yang mau membeli saham dan harga saham naik. Variabel PER berpengaruh positif terhadap harga saham, karena meningkatnya PER maka semakin tinggi pertumbuhan laba dan harga saham akan meningkat. Dan variabel NPM juga berpengaruh positif terhadap harga saham, karena apabila NPM meningkat juga akan berpengaruh terhadap meningkatnya harga saham. Namun fakta yang peneliti temukan pada observasi data ini adalah ketika EPS dan NPM meningkat maka harga saham juga meningkat, sedangkan PER meningkat justru harga saham menurun.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang berupa angka-angka atau besaran tertentu yang sifatnya pasti. Penelitian ini menggunakan 32 sampel dari dua bank yaitu BRISyariah dan Bank Panin Dubai Syariah, dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan bulanan selama periode penelitian dari tahun 2018 sampai dengan tahun 2019 melalui website resmi masing-masing bank.
Penelitian ini memberikan hasil bahwa (1) Variabel EPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham, dengan nilai thitung (2,149) > ttabel (2,045) dan sig < α yaitu 0,033 < 0,05. (2) Variabel PER berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Harga Saham, dengan nilai thitung (-2,363) > ttabel (2,045) dan sig < α yaitu 0,002 > 0,05. (3) Variabel NPM berpengaruh positif dan signifikan terhadap Harga Saham, dengan nilai thitung (2,889) > ttabel (2,045) dan sig < α yaitu 0,007 < 0,05. (4) Variabel EPS, PER, dan NPM secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, dengan hasil statistik uji F (simultan) yang menyatakan besarnya Fhitung = 4,893, dan besarnya Ftabel = 2,90. Jadi seluruh variabel independen dalam model penelitian, secara bersama-sama berpengaruh terhadap Harga Saham. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa EPS berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham, variabel PER berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Harga Saham dan Variabel NPM berpengaruh signifikan terhadap Harga Saham. Penelitian ini menunjukkan hal–hal yang perlu diperhatikan manajemen serta pemilihan kebijakan yang tepat diharapkan dapat meningkatkan profitabilitas perbankan syariah di Indonesia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2020 04:42
Last Modified: 24 Jun 2020 04:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10646

Actions (login required)

View Item View Item