Pandangan Para Pakar Terhadap Kompetensi Guru SD/MI dalam Perspektif Maqashid Al-Syari’ah

Dewi, Adlina Aisyah (2020) Pandangan Para Pakar Terhadap Kompetensi Guru SD/MI dalam Perspektif Maqashid Al-Syari’ah. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
revisi 3 Adlina Aisyah Dewi , 212216001.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Dewi, adlina aisyah.Pandangan para pakar terhadap kompetensi guru sd/mi dalam perspektif maqashid al-syari’ah
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kategori/pengelompokan terhadap kompetensi guru SD/MI berdasarkan Permendiknas ke dalam dimensi maqashid al-syari’ah; serta mengetahui implikasi pandangan para pakar terhadap kompetensi guru SD/MI dalam perspektif maqashid al-syari’ah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, sehingga peneliti sebagai salah satu instrumen dan terlibat secara langsung dalam setiap tahap penelitian. Analisis data yang dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif deskriptif sebagai alat untuk mendeskripsikan data yang didapat dari para informan.
Untuk memastikan bahwa data yang didapatkan adalah valid, peneliti melakukan diskusi mendalam dengan para informan dengan menggunakan pendekatan teknik Delphi yaitu proses diskusi dalam suatu kelompok yang melibatkan interaksi antara peneliti dan sekelompok ahli terkait dengan topik penelitian untuk memperoleh konsensus di antara mereka. Informan terdiri dari para pakar pendidikan dan maqashid al-syari’ah yang dari padanya peneliti menggali informasi, pendapat, pemikiran, dan saran terkait Kompetensi Guru SD/MI Berdasarkan Permendiknas dalam Perspektif Maqashid al-Syari’ah.
Hasil dari penelitian ini didapatkan beberapa kesimpulan sebagai berikut : 1. Pandangan para pakar terhadap kompetensi guru SD/MI dikelompokkan ke dalam 5 (lima) elemen maqashid al-syari’ah sebagai berikut : Kompetensi Guru lil Hifz al -Din, Kompetensi Guru lil Hifz al -Nafs, Kompetensi Guru lil Hifz al -Aql, Kompetensi Guru lil Hifz al -Nasl, Kompetensi Guru lil Hifz al -Mal; 2. Implikasi pandangan para pakar terhadap kompetensi guru SD/MI dalam perspektif maqashid al-syari’ah diantaranya yaitu: Perlu adanya kajian yang lebih mendalam dan komprehensif terhadap kompetensi inti guru sehingga mencakup seluruh dimensi maqashid al syari’ah; Penyusunan kompetensi guru SD/MI berdasarkan maqashid al syari’ah; Sosialisasi kompetensi guru; Evaluasi dan monitoring

Kata kunci : Kompetensi Guru, Permendiknas, Maqashid al-Syari’ah,

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abid Rohmanu
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2020 01:50
Last Modified: 24 Jun 2020 01:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10640

Actions (login required)

View Item View Item