Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Pendapatan Margin Pembiayaan Murabahah Melalui Corporate Sosial Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Intervening Terhadap Laba Bank Umum Syariah Periode Tahun 2017-2019

Oktaviana, Intan Permatasari (2020) Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Pendapatan Margin Pembiayaan Murabahah Melalui Corporate Sosial Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Intervening Terhadap Laba Bank Umum Syariah Periode Tahun 2017-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INTAN PERMATASARI - E-THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Oktaviana, Intan Permatasari. 2020. Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Pendapatan Margin Pembiayaan Murabahah Melalui Corporate Sosial Responsibility (CSR) Sebagai Variabel Intervening Terhadap Laba Bank Umum Syariah Periode Tahun 2017-2019. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Ponorogo. Pembimbing Hanik Fitriani, M.E.Sy.

Kata kunci: Dana, Pembiayaan, Citra Bank, Pendapatan Laba.

Laba merupakan salah satu indikator untuk mengukur kesehatan bank. Kemampuan bank syariah dalam menghasilkan laba menjadi indikator penting untuk keberlangsungan bisnisnya dalam jangka waktu panjang. Berdasarkan pada laporan keuangan bank syariah, pendapatan laba diduga dapat dipengaruhi oleh faktor DPK dan margin murabahah, serta dari CSR. Secara teori, variabel DPK berpengaruh positif terhadap laba karena dengan meningkatnya DPK maka dana yang dapat disalurkan melalui pembiayaan akan semakin banyak dan laba akan meningkat. Variabel margin murabahah berpengaruh positif terhadap laba karena laba bank akan meningkat ketika margin yang diperoleh dari hasil pembiayaan semakin tinggi. Dan variabel CSR sebagai variabel intervening juga berpengaruh positif terhadap laba karena dengan CSR, citra bank akan semakin baik dimata masyarakat dan semakin tinggi pula loyalitas nasabah sehingga laba bank akan meningkat. Tetapi pada faktanya, ketika DPK dan margin murabahah meningkat pendapatan laba akan meningkat, namun ketika CSR meningkat pendapatan laba justru menurun. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh DPK dan margin murabahah secara parsial dan simultan terhadap CSR? apakah terdapat pengaruh DPK, margin murabahah dan CSR secara parsial dan simultan terhadap laba BUS? Apakah CSR dapat memediasi pengaruh antara DPK dan margin murabahah terhadap laba BUS?
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan 44 sampel penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berupa laporan keuangan triwulanan BUS selama periode 2017-2019 yang diakses dan diambil melalui website resmi masing-masing bank. Analisa data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, koefisien determinasi dan analisis jalur.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) DPK dan margin murabahah berpengaruh terhadap CSR, dibuktikan dengan nilai sig 0,000 & 0,027 (2) DPK dan margin murabahah berpengaruh terhadap laba BUS, dibuktikan dengan nilai sig 0,022 & 0,000. (3) CSR tidak berpengaruh terhadap laba BUS, dibuktikan nilai sig 0,327 (4) CSR sebagai variabel intervening tidak dapat memediasi antara pengaruh DPK dan margin murabahah terhadap laba BUS. Berdasarkan hasil pembahasan, perbankan syariah diharapkan dapat meningkatkan perolehan laba sehingga mampu menjaga kestabilan operasional bank dengan cara meningkatkan penghimpunan dana dan mengoptimalkan pendapatan yang masuk.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2020 01:52
Last Modified: 24 Jun 2020 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10638

Actions (login required)

View Item View Item