Efektivitas Sumber Daya Manusia Dalam Pelaksanaan Proses Rekrutmen Dan Seleksi Karyawan Di BRI Syariah KCP Ponorogo

Alfiyuhanita, Alfiyuhanita (2019) Efektivitas Sumber Daya Manusia Dalam Pelaksanaan Proses Rekrutmen Dan Seleksi Karyawan Di BRI Syariah KCP Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Efektivitas sumber daya manusia dalam pelaksanaan proses rekrutmen dan seleksi karyawan di BRI Syariah KCP Ponorogo.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK

Alfiyuhanita, 2019 Efektivitas Sumber Daya Manusia dalam Pelaksanaan proses Rekrutmen dan Seleksi Karyawan Di BRI Syariah KCP Ponorogo. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo Pembimbing Agung Eko Purwana, SE, MSI.

Kata kunci : Organisasi, manajemen, perusahaan

Manajemen sumber daya manusia merupakan suatu pendekatan yang strategis terhadap keterampilan, motivasi, pengembangan dan manajemen organisasi sumber daya. BRI Syariah Ponorogo dalam merekrut karyawan ini menyebarkan informasi melalui sosial media yang dibuka selama dua minggu, dalam waktu yang singkat ini banyak sekali yang melamar hingga ratusan. Sedangkan yang menangani proses tersebut hanya seorang karyawan. Sehingga dalam menyeleksi administrasi kurang efektif dan membutuhkan waktu yang lama.
Rumusan masalah skripsi ini yaitu menggunakan begaimana efektivitas sumber daya manusia dalam pelaksanaan rekrutmen dan bagaimana efektivitas sumber daya manusia dalam pelaksanaan seleksi karyawan di BRI Syariah Ponorogo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan dan pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan uraian kata-kata secara tertulis yang didapatkan dari hasil interaksi antara peneliti dan narasumber di BRI Syariah Ponorogo.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa BRI Syariah KCP Ponorogo dalam melakukan rekrutmen ada beberapa tahapan yaitu melakukan koordinasi, menentukan persyaratan, menentukan kriteria, dan menyebarkan informasi melalui media sosial. Keempat tahapan tersebut sudah efektif untuk diterapkan. Sedangkan Proses seleksi karyawan diantaranya ialah seleksi administrasi, seleksi wawancara, seleksi psikotes, seleksi kesehatan dan tahap akhir. Kelima seleksi tersebut ada dua yang kurang efektif untuk dilakukan, yatu seleksi wawancara dan seleksi psikotes. Seleksi wawancara pada praktikknya dilakukan dua kali dan dilokasi yang berbeda sehingga hal ini memakan waktu yang lama. Sedangkan tes psikotes pada praktiknya dilaksanakan di luar kota yaitu Kediri, hal ini semakin mengulur waktu yang membuat calon karyawan menunggu terlalu lama. sebaiknya pihak bank membuka masa rekrutmen lebih dipersingkat kembali. Sedangkan dalam melakukan seleksi sebaiknya ditambahkan tenaga penyeleksi agar pelaksanaan rekrutmen dan seleksi karyawan berjalan efektif dan maksimal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Agung Eko Purwana
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:02
Last Modified: 24 Jun 2020 02:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item