implementasi fatwa no. 97/dsn-mui/xii/2015 tentang sertifikat deposito syariah di bmt mbs syariah kecamatan jiwan kabupaten madiun

auwaliyah, kharisma (2020) implementasi fatwa no. 97/dsn-mui/xii/2015 tentang sertifikat deposito syariah di bmt mbs syariah kecamatan jiwan kabupaten madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skipsi_full_kharisma_upload[1].pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kharisma Auwaliyah. 2020. Implementasi Fatwa No. 97/DSN-MUI/XII/2015 Tentang Sertifikat Deposito Syariah di BMT MBS Syariah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Atik Abidah, M.S.I.

Kata kunci/keyword: Fatwa No. 97/DSN-MUI/XII/2015, Penerbitan Deposito Syariah
Fatwa DSN adalah fatwa yang dikeluarkan oleh dewan yang dibentuk oleh MUI untuk menangani masalah-masalah yang berhubungan dengan aktivitas lembaga keuangan syariah. Salah satu fatwa yang mengatur mengenai sertifikat deposito syariah adalah fatwa No. 97/DSN-MUI/XII/2015 Tentang Sertifikat Deposito Syariah. Dalam melaksanakan kegiatannya pada penerbitan sertifikat deposito syariah BMT MBS Syariah tidak menggunakan akad mud}a>rabah. Dalam hal ini muncul adanya biaya yang dibebankan kepada pemilik dana, sehingga berpengaruh juga terhadap bagi hasil yang dilakukan yang berdasarkan besarnya dana yang diberikan. Setelah sertifikat dimiliki dapat dipindahtangankan yang tidak menggunakan akad jual beli dan dapat dilakukan sebelum dana tersebut digunakan untuk usaha.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis Fatwa No. 97/DSN-MUI/XII/2015 tentang Sertifikat Deposito Syariah terhadap penerbitan sertifikat deposito syariah di BMT MBS Syariah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun? (2) Bagaimana analisis Fatwa No. 97/DSN-MUI/XII/2015 tentang Sertifikat Deposito Syariah terhadap bagi hasil pada penerbitan sertifikat deposito syariah di BMT MBS Syariah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun? (3) Bagaimana analisis Fatwa No. 97/DSN-MUI/XII/2015 tentang Sertifikat Deposito Syariah terhadap sistem pemindahtanganan sertifikat deposito syariah di BMT MBS Syariah Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu proses berfikir dari fakta empiris yang didapat di lapangan, yang kemudian data tersebut dianalisis, dan berakir dengan kesimpulan terhadap permasalahan yang diteliti berdasarkan data yang diperoleh dari lapangan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, pelaksanaan penerbitan Sertifikat Deposito Syariah di BMT MBS Syariah Jiwan Madiun belum terimplementasi dengan Fatwa No. 97/DSN-MUI/XII/2015 tentang Sertifikat Deposito Syariah. Adapun bagi hasil pada penerbitan Sertifikat Deposito Syariah belum terimplementasi dengan Fatwa No. 97/DSN-MUI/XII/2015. Selanjutnya, untuk sistem pemindahtanganan Sertifikat Deposito Syariah juga belum terimplementasi dengan Fatwa No. 97/DSN-MUI/XII/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: atik abidah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2020 06:58
Last Modified: 23 Jun 2020 06:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10631

Actions (login required)

View Item View Item