Pengaruh Pembiayaan Mikro 75 iB, Lama Usaha, dan Lokasi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada BRI Syaraih Kantor Cabang Jombang

Lestari, Yulia (2020) Pengaruh Pembiayaan Mikro 75 iB, Lama Usaha, dan Lokasi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Pada BRI Syaraih Kantor Cabang Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ETHESIS yulia pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRACK
Lestari, Yulia. 2020. “PENGARUH PEMBIAYAAN MIKRO 75 iB, LAMA USAHA, DAN LOKASI TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) PADA BRI SYARIAH KANTOR CABANG JOMBANG.” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Shinta Maharani, S.E, MAk.
Kata Kunci : Keuangan, usaha, penempatan dan penghasilan UMKM.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel pembiayaan mikro 75 iB, lama usaha dan lokasi terhadap pendapatan usaha mikro kecil menengah pada BRI Syariah KC Jombang. Dari waktu kewaktu usaha yang dikelola membutuhkan perkembangan usaha semakin maju dan tinggi kualitas produksi sehingga pengusaha dituntut untuk menghasilkan suatu produk atau barang yang mereka produksi mempunyai nilai jual yang lebih. Oleh karena itu, pengusaha harus memiliki modal yang cukup, pengetahuan yang luas serta selalu berinovasi, karena modal, pengetahuan dan inovasi saling berkaitan atau sama lain sehingga akan mampu untuk meningkatkan kinerja pengusaha.
Penelitian ini menggunakan populasi 130 orang dan di sampel sebanyak 98 orang dimana sampel menggunakan Rumus Slovin dengan standart error (0.05). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan angket (kuesioner). Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian dalam penelitian ini adalah metode regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS 20.0 for windows.
Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa pembiayaan mikro 75 iB tidak berpengaruh dan siginifikan menunjukkan pembiayaan mikro 75 iB yang diterima oleh para pelaku usaha UMKM dan tidak mengalami peningkatan pada pendapatan UMKM. Penyebab tidak ada pengaruh karena nasabah kurangnya modal usaha yang dimilikinya dan nasabah kurang memahami pentingnya pengelolaan modal. Lama usaha berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan UMKM. Lokasi berpengaruh positif terhadap pendapatan UMKM. Sedangkan Koefisien Determinasi (R2) pada Adjusted R2 sebesar 0,504 yang berarti pendapatan UMKM mampu dijelaskan oleh variabel independen sebesar 50,4% dan sisanya 49,6% dipengaruhi oleh variabel diluar variabel.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Shinta Maharani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 24 Jun 2020 05:57
Last Modified: 24 Jun 2020 05:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10628

Actions (login required)

View Item View Item