Peranan Analisis Kelayakan Nasabah dalam Mengurangi Risiko Pembiayaan Mudharabah di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun.

Sari, Yolanda Devita (2020) Peranan Analisis Kelayakan Nasabah dalam Mengurangi Risiko Pembiayaan Mudharabah di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YOLAN perbaikan pt 7.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sari, Yolanda Devita. Peranan Analisis Kelayakan Nasabah dalam Mengurangi Risiko Pembiayaan Mudharabah di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Perbankan Syariah.
Kata Kunci: Analisis Pembiayaan, Pembiayaan Bermasalah
Pembiayaan mudharabah di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun terdapat kasus penyalahgunaan dana pembiayaan oleh nasabah, dana yang seharusnya digunakan pada sektor produktif dialihkan untuk keperluan konsumtif sehingga banyak terjadi pembiayaan macet. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana proses analisis kelayakan yang dilakukan oleh Bank Jatim Syariah kepada calon nasabah, serta bagaimana dampak dari analisis kelayakan yang dilakukan terhadap risiko pembiayaan Mudharabah.
Skripsi ini menggunakan jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif. Dalam hal ini teknik yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi, dan observasi. Metode analisis yang digunakan cenderung kepada metode deduktif, yaitu metode yang menekankan pada teori prinsip analisis kelayakan nasabah melalui prinsip 5C kemudian disinkronkan dengan pengamatan atau hasil penelitian di lapangan, sehingga dapat ditarik kesimpulan berdasarkan teori dengan fakta di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Penerapan analisis kelayakan di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun dilakukan sesuai dengan prinsip 4C yaitu character, capacity, capital dan collateral. Sedangkan untuk prinsip condition tidak diperhatikan karena dinilai tidak memiliki dampak yang signifikan terhadap kelancaran usaha nasabah pembiayaan mudharabah di Bank Jatim Syariah Cabang Madiun. Analisis pembiayaan yang dilakukan di Bank Jatim Syariah menggunakan 4C sangat berdampak dalam mengurangi risiko pembiayaan mudharabah, hal ini ditunjukkan dengan angka NPF pembiayaan mudharabah yang rendah jika dibandingkan dengan NPF bank secara keseluruhan. Analisis kelayakan nasabah terutama prinsip 5C harus diterapkan dengan tepat dan mendalam sesuai dengan fakta-fakta yang ada di lapangan agar jumlah pembiayaan bermasalah khususnya pada pembiayaan mudharabah dapat semakin berkurang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:28
Last Modified: 23 Jun 2020 04:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10627

Actions (login required)

View Item View Item