Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Umum Syariah di Ponorogo

Darmiati, Darmiati (2020) Pengaruh Karakteristik Pekerjaan dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Umum Syariah di Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ilovepdf_merged (2).pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Darmiati. Pengaruh Karakteristik Pekerjaan Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan Bank Umum Syariah Di Ponorogo. Skripsi, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Progam Studi Perbankan Syariah.

Kata Kunci: Keterampilan Karyawan, Loyalitas Dan Kinerja Karyawan

Kinerja merupakan hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan padanya. Kinerja dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya karakteristik pekerjaan dan komitmen organisasi. Karakteristik pekerjaan merupakan sifat dari tugas yang meliputi tanggung jawab, macam tugas dan tingkat kepuasaan yang diperoleh dari pekerjaan itu sendiri. Sedangkan komitmen organisasi merupakan orientasi karyawan terhadap organisasi sebagai bentuk identifikasi loyalitas mereka dan keterlibatan mereka di dalam organisasi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar pengaruh karakteristik pekerjaan dan komitmen organisasi terhadap kinerja karyawan Bank Umum Syariah di Ponorogo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Dengan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner dan data pustaka. Metode pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan program aplikasi IBM SPSS 21. Pada penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Jumlah responden pada penelitian ini adalah 48 karyawan Bank Umum Syariah. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.

Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui bahwa, karakteristik pekerjaan berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan Bank Umum Syariah di Ponorogo, hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (α=5%). Komitmen organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan Bank Umum Syariah di Ponorogo yang dibuktikan dengan nilai signifikansi uji t sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 (α=5%). Secara simultan karakteristik pekerjaan dan komitmen organisasi berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja karyawan Bank Umum Syariah di Ponorogo dengan dibuktikan dari uji F yaitu Fhitung > Ftabel yaitu 34,343 > 3,19. Hasil R2 adalah sebesar 0,604 atau 60,4%, sebesar 0,604 atau 60,4%, ini menunjukkan bahwa variabel kinerja yang dapat dijelaskan oleh variabel karakteristik pekerjaan dan komitmen organisasi adalah sebesar 60.4%. Sedangkan sisanya sebesar 0,396 atau 39.6% dipengaruhi variabel lain yang tidak di teliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Said Abadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:26
Last Modified: 23 Jun 2020 04:26
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10624

Actions (login required)

View Item View Item