Model Penilaian Portofolio Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu pada Materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan (Studi Kasus di MTs An-Najiyah)

Syah, Muhammad Yogi Andrian (2020) Model Penilaian Portofolio Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu pada Materi Aktivitas Manusia dalam Memenuhi Kebutuhan (Studi Kasus di MTs An-Najiyah). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Del_SKRIPSI_211416001_MUHAMMAD YOGI ANDRIAN SYAH (1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Syah, Muhammad Yogi Andrian. 2020. Model Penilaian Portofolio Sebagai Upaya
Meningkatkan Hasil Belajar IPS Terpadu Pada Materi Aktivitas Manusia Dalam
Memenuhi Kebutuhan (Studi Kasus MTs An-Najiyah). Skripsi . Jurusan Tadris Ilmu
Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Istitut Agama Islam
Negeri Ponorogo. Pembimbing, Risma Dwi Arisona, M.Pd.
Kata Kunci : Portofolio, Hasil Belajar IPS Terpadu
Penelitian ini mengkaji Model Penilaian Portofolio yang dilakukan di kelas VII MTs
An-Najiyah. Skripsi ini berisi pembahasan yang bermaksud guna mengetahui model
penilaian portofolio mapel IPS Terpadu di kelas VII MTs An-Najiyah dengan fokus guru
pada perencanaan model penilaian portofolio, pelaksanaan model penilaian portofolio, serta
hasilnya. Juga dapat diartikan sebagai informasi sejauh mana guru IPS Terpadu dalam
melaksanakan tugas sebagai guru, didalam melaksanakan tugas serta melakukan
kewajibannya sebagai mendidik dan pendidik salah satunya pada proses penilaian portofolio
yang begitu penting untuk guru, murid, madrasah, dan orang tua.
Metode penelitian ini yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, penelitian
lapangan yang merupakan studi kasus. Data yang dikumpulkan dengan cara metode
wawancara, observasi, serta dokumentasi. Penganalisisan data yang dilakukan adalah
analisis kualitatif, antara lain, reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini menghasilkan informasi bahwa (1) Perencanaan penialian portofolio di
kelas VII MTs An-Najiyah mata pelajaran IPS Terpadu yaitu dengan meyiapkan komponen
penilaian dan penugasan berbentuk pertanyaan lisan, pilihan ganda, uraian, dan tugas proyek
peta konsep, sebelum kegiatan penilaian berlangsung, guru memberikan tugas dengan
spontan maupun melihat kondisi kesiapan dari siswa. (2) Pelaksanaan penilaian portofolio di
kelas VII MTs An-Najiyah mata pelajaran IPS Terpadu, dilakukan oleh guru IPS dengan
memperhatikan aspek proses pengerjaan tugas dan juga hasilnya, dengan begitu guru akan
bisa mengontrol perilaku siswa serta hasil belajar siswa. (3) Hasil penilaian portofolio di
kelas VII MTs An-Najiyah mata pelajaran IPS Terpadu dibagi menjadi dua jenis, yaitu:
penilaian portofolio proses dan penilaian portofolio produk. Dengan menggunakan metode
penilaian portofolio dapat meningkatkan hasil belajar IPS Terpadu dikelas VII MTs An-Najiyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Risma Dwi Arisona
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2020 04:31
Last Modified: 23 Jun 2020 04:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10623

Actions (login required)

View Item View Item