Analisis Bauran Pemasaran dalam Menarik Minat Nasabah Pembiayaan Musyarakah di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo

Sintya, Dwi Eva (2020) Analisis Bauran Pemasaran dalam Menarik Minat Nasabah Pembiayaan Musyarakah di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-DWI EVA SINTYA 2020.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Sintya, Dwi Eva, 2020. “Analisis Bauran Pemasaran dalam Menarik Minat Nasabah Pembiayaan Musyarakah di BPRS Mitra Mentari Sejahtera Ponorogo.” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata kunci : Product (Produk), Price (Harga), Promotion (Promosi), Place (Tempat).
Setiap bank dituntut untuk menentukan strategi pemasaran yang tepat guna menarik minat dan mempertahankan nasabahnya. Salah satu strategi pemasaran yang dapat digunakan adalah bauran pemasaran. BPRS Mitra Mentari Sejahtera adalah salah satu lembaga keuangan syariah di Ponorogo. Dari beberapa produk pembiayan yang ada, terdapat salah satu produk yang kurang diminati, yaitu pembiayaan musyarakah dimana hanya teradapat 2 nasabah dari tahun 2017-2019. Hal tersebut dikarenakan produk pembiayaan musyarakah di BPRS Mitra Mentari Sejahtera kurang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana penerapan strategi produk, strategi harga, strategi promosi dan strategi tempat dalam menarik minat nasabah pembiayaan musyarakah di BPRS Mitra Mentari Sejahtera?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, data dianalisis dengan menggunakan metode induktif.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat diketahui bahwa dalam menarik nasabah pembiayaan musyarakah BPRS Mitra Mentari Sejahtera menggunakan bauran pemasaran 4P, yaitu product (produk), price (harga), promotion (promosi) dan plece (tempat). Pertama pada bauran pemasaran product (produk) dimana dalam penciptaan produk pembiayaan musyarakah kurang memperhatikan kebutuhan dan keinginan nasabah. Kedua pada bauran price (harga) harga yang dimaksud dalam pembiayaan musyarakah adalah bagi hasil dengan memperhatikan faktor-faktor seperti jangka waktu, kualitas jaminan, reputasi perusahaan dan produk yang kompetitif. Ketiga promotion (promosi) produk pembiayaan musyarakah melalui media brosur dan pamflet tidak mendapat ruang sendiri melainkan digabung dengan produk pembiayaan murabahah. Keempat pada pendistribusian produk pembiayaan musyarakah dibatasi dengan wilayah geografis dimana difokuskan hanya di wilayah Ponorogo.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:42
Last Modified: 23 Jun 2020 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10618

Actions (login required)

View Item View Item