Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Berbasis Nilai Panca Jiwa di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo

Finawati, Nuril (2020) Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Berbasis Nilai Panca Jiwa di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NURIL_TESIS_212217017.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Finawati Nuril. 2020. Manajemen Pemasaran Jasa Pendidikan Berbasis Nilai Panca Jiwa Di Madrasah Tsanawiyah Al-Islam Joresan Mlarak Ponorogo. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Ahmadi. M.Ag.

Kata Kunci : Manajmen Pemasaran, Jasa Pendidikan dan Panca Jiwa
Manajemen pemasaran mempunyai peran yang sangat penting untuk mencapai tujuan lembaga pendidikan yang ingin dicapai. Manajemen pemasaran harus didasarkan pada analisis internal sekolah dan disesuaikan dengan perubahan yang ada. Dilihat dari banyaknya persaingan lembaga pendidikan yang ada di Ponorogo, maka lembaga pendidikan MTs Al-Islam Joresan ini harus berkompeten dengan lembaga pendidikan lainya. Dari animo pendaftar yang terus meningkat setiap tahunnya maka peneliti ingin meneliti lebih dalam tentang manajemen pemasaran jasa pendidikan yang dilakukan oleh MTs Al-Islam Joresan sehingga layanan pendidikan menjadi baik, dan siswa terus meningkat setiap tahunnya.
Berdasarkan latar belakang penelitian di atas, dapat dirumuskan tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Mengetahui dan menjelaskan perencanaan manajemen pemasaran jasa pendidikan berbasis nilai panca jiwa di MTs. Al- Islam Joresan 2) Mengetahui dan menjelaskan implementasi manajemen pemasaran jasa pendidikan madrasah berbasis nilai panca jiwa di MTs Al-Islam Joresan 3) Mengetahui dan menjelaskan pengendalian manajemen pemasaran jasa pendidikan berbasis nilai panca jiwa di MTs Al-Islam Joresan.
Jenis penelitian lapangan yang berbentuk kualitatif (natural setting) dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi, display dan verifikasi. Kemudian Uji keabsahan data menggunakan uji trianggulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Dalam perencanaan manajemn pemasan jasa pendidikan semua pihak dilibatkan sehingga keputusan yang diambil sesuai dengan hasil pemikiran bersama. Jenis perencanaan yang dilakukan di MTs Al-Islam Joresan adalah berdasarkan jangka waktu yaitu jangka pendek dan jangka menengah. 2) Implementasi manajemen pemasaran jasa pendidikan pelaksanaannya sesuai dengan tanggung jawab yang telah diberikan yang diwujudkan pada berbagai kegiatan dari kepala sekolah atas dasar keputusan bersama. 3) Pengendalian manajemen pemasaran jasa pendidikan di MTs Al-Islam Joresan dilakuakn dengan pengendalian melekat yang dilakukan secara terus menerus guna menekan penyimpangan yang terjadi dan melakukan perbaikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:36
Last Modified: 23 Jun 2020 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10611

Actions (login required)

View Item View Item