Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo

Aji, Sigit Baskoro (2020) Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Aji, Sigit Baskoro. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo. Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Program Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muhammad Thoyib, M.Pd
Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru
Tantangan menjadi guru selalu bergerak dinamis, guru harus mampu beradaptasi terhadap perkembangan teknologi dengan melakukan pengembangan keprofesian secara konsisten dan berkesinambungan. Dalam pendidikan, kepala sekolah merupakan pemimpin yang mempunyai peran besar dalam meningkatkan profesionalisme guru. Hal ini dapat dilakukan oleh kepala sekolah yang menerapkan kepemimpinan transformasional. Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dapat diartikan sebagai proses untuk merubah dan mentransformasikan individu agar mau berubah dan meningkatkan dirinya.
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan (1) Menjelaskan pengaruh idealisme kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru.(2) Menjelaskan motivasi inspiratif kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru.(3) Menjelaskan stimulus intelektual kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru.(4) Menjelaskan kesadaran individu kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalisme guru.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo. Pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan penelitian ini adalah kepala sekolah, wakasek, dan guru yang ada di SMP Islam Thoriqul Huda Cekok Babadan Ponorogo.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, Peneliti dapat menyimpulkan beberapa hal. (1) Pengaruh idealisme kepemimpinan kepala sekolah dilakukan membangun komitmen guru terhadap tugas yang diberikan, melakukan supervisi dan monitoring pembelajaran guru secara berkala, menjadi teladan yang baik dan melibatkan seluruh warga sekolah dalam merencanakan program sekolah serta komitmen dengan program tersebut. (2) Motivasi inspiratif kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan komunikasi yang menginspirasi , memberi dorongan bahwa tugas guru dalam mengamalkan ilmu tidak hanya untuk urusan dunia tapi juga untuk bekal diakhirat, memberikan teladan yang baik, memberikan saran dan kiat dengan berbagi pengalaman (3) Stimulus Intelektual kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan sikap terbuka terhadap kritik dan saran bawahan dan melibatkan seluruh warga sekolah untuk pengambilan kebijakan (4) Kesadaran individu kepemimpinan kepala sekolah dilakukan dengan memperhatikan dan peduli terhadap kebutuhan guru, menampung aspirasi, keluh kesah dan mencarikan solusi serta memberikan penghargaan maupun reward bagi guru yang berprestasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Muhammad Thoyib
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:21
Last Modified: 23 Jun 2020 04:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10607

Actions (login required)

View Item View Item