(KEASLIAN TULISAN DITANDATANGANI DI ATAS MATERAI 6000)Peran Ibu Dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional Anak Yang Terkandung Dalam Al-Qur’ān Surat Al-Ahqāf Ayat 15 Analisis Tafsir Al-Misbāh Karya M. Quraish Shihab

Agustina, Rina (2020) (KEASLIAN TULISAN DITANDATANGANI DI ATAS MATERAI 6000)Peran Ibu Dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional Anak Yang Terkandung Dalam Al-Qur’ān Surat Al-Ahqāf Ayat 15 Analisis Tafsir Al-Misbāh Karya M. Quraish Shihab. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi_Rina_210316005.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Agustina, Rina. 2020. Peran Ibu Dalam Pembentukan Kecerdasan Emosional Anak Yang Terkandung Dalam Al-Qur’ān Surat Al-Ahqāf Ayat 15 Analisis Tafsir Al-Misbāh Karya M. Quraish Shihab. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Program Sarjana S-1. Pembimbing Ahmad Nu’man Hakiem, M.Ag.
Kata Kunci: Peran Ibu, Kecerdasan Emosional Anak, Al-Ahqāf Ayat 15
Surat al-Ahqāf ayat 15 merupakan wujud perintah Allah Swt kepada manusia agar taat beribadah kepada-Nya dan sekaligus berbakti kepada kedua orangtua. Khususnya kepada ibu yang telah merawat dan menyediakan pemeliharaan sehingga anak tumbuh berkembang dengan baik. Interaksi yang berkesinambungan berimbas besar terhadap kemampuan pengendalian diri, karena menjadi modal pembinaan emosi yang lebih konstruktif. Perkembangan zaman yang tidak jarang membawa dampak negatif, juga ditambah dengan lingkungan keluarga yang tidak sehat, orangtua yang sibuk bekerja dan merasa cukup memenuhi anak dengan kebutuhan fisik seperti sandang, pangan dan papan hingga melalaikan kebutuhan emosional seperti perhatian dan kasih sayang, menjadikan anak pribadi yang lebih impulsif dan insecure. Dengan demikian, tanggungjawab orangtua perlu dioptimalkan. Tidak seperti kecerdasan intelektual yang berpotensi bawaan, kecerdasan emosional adalah serangkaian proses yang harus dijalankan. Artinya, tugas orangtua, khususnya ibu dalam mengawal setiap proses tumbuhkembang anak adalah suatu keharusan agar potensi intelektual yang diturunkan dapat dimanfaatkan secara lebih baik dan menjadi bekal anak dalam membentengi diri dari pengaruh-pengaruh negatif dunia luar.
Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui bagaimana tugas ibu terhadap anak dalam perspektif pendidikan Islam, 2) untuk mengetahui bagaimana tanggungjawab ibu terhadap anak dalam menumbuhkembangkan kecerdasan emosionalnya.
Penelitian ini menggunakan metode telaah pusataka (Library Research). Penelitian ini dilaksanakan untuk memecahkan suatu masalah dengan mendalami bahan-bahan pustaka yang relevan. Penulis berusaha mengkaji tugas dan tanggungjawab ibu terhadap anak menurut Quraish Shihab dalam perspektif pendidikan Islam. Data primer yang diambil adalah dari Tafsir Al-Misbāh karya M. Quraish Shihab. Sedangkan data sekunder diambil dari buku-buku lain, jurnal atau skripsi yang sifatnya relevan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tanggungjawab ibu terhadap anak dalam pembentukan kecerdasan emosionalnya berdasarkan perspektif pendidikan Islam adalah menumbuhkembangkan keterampilan dasar seperti 1) Self Awareness atau kemampuan mengenali emosi diri, 2) Self-Management atau kemampuan mengelola emosi diri, 3) Social Awareness atau kemampuan mengenali emosi orang lain (empati), dan 4) Relationship Management atau kemampuan membina hubungan baik dengan orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Nu’man Hakiem
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:54
Last Modified: 22 Jun 2020 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10588

Actions (login required)

View Item View Item