Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Ega Makmur Desa Winong Jetis Ponorogo

Aprilia, Tika (2020) Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Ega Makmur Desa Winong Jetis Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Tika Aprilia.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Aprilia, Tika. 2020. Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Grosir Ega Makmur Desa Winong Jetis Ponorogo.
Kata Kunci: Harga, Kualitas Pelayanan, Lokasi, Keputusan Pembelian
Proses keputusan konsumen untuk membeli dipengaruhi berbagai faktor seperti harga, kualitas pelayanan dan lokasi. Beberapa fakta yang ada pada Toko Grosir Ega Makmur menawarkan harga yang lebih tinggi dari pesaing. Sementara, layanan yang diberikan oleh pihak toko juga kurang baik. Selain itu, lokasi toko tersebut masuk ke dalam jalan desa dan tidak mudah dilihat oleh konsumen. Meskipun demikian, masih banyak sekali konsumen yang melakukan pembelian di toko tersebut.
Dari latar belakang tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Grosir Ega Makmur? (2) Apakah kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Grosir Ega Makmur? (3) Apakah lokasi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian di Toko Grosir Ega Makmur? (4) Apakah harga, kualitas pelayanan, dan lokasi berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian di Toko Grosir Ega Makmur?
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan analisis statistik. Metode pengambilan sampel menggunakan rumus Cochran. Pengambilan sampel dilakukan dengan non probability sampling, yaitu teknik pengambilan sampel secara insendental. Instrumen penelitian ini menggunakan angket yang diberikan kepada 100 orang responden. Selain itu, analisis dalam penelitian ini menggunakan analisis linier sederhana dan analisis regresi linier berganda.
Berdasarkan analisis kuantitatif dengan uji t bahwa tidak ada pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Hal ini dibuktikan dengan thitung lebih kecil dari ttabel (1,639< 1,985). Begitu juga dengan lokasi tidak ada pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian dengan bukti thitung lebih kecil dari ttabel (0,500 < 1,985). Kualitas pelayanan berpengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian dibuktikan dengan thitung lebih besar dari ttabel (5,199 > 1,985). Berdasarkan hasil pengujian uji F diperoleh nilai Fhitung sebesar 13,744 lebih besar dari Ftabel 2,70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa harga, kualitas pelayanan, dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:01
Last Modified: 22 Jun 2020 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10571

Actions (login required)

View Item View Item