Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan UD. Widagdo Rahayu Pacitan

Prayogo, Agung (2020) Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan UD. Widagdo Rahayu Pacitan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AGUNG.pdf

Download (938kB) | Preview

Abstract

Abstrak

Prayogo, Agung. Analisis Gaya Kepemimpinan Dalam Upaya Meningkatkan Produktivitas Kerja Karyawan UD. Widagdo Rahayu Pacitan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Studi Ekonomi Syariah

Kata kunci: Gaya Kepemimpinan dan Produktivitas Kerja Karyawan.
Produktivitas kerja karyawan perusahaan di UD. Widagdo Rahayu Pacitan mengalami fluktuasi. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya hal tersebut adalah adanya ketidakdisiplinan karyawan dalam bekerja yaitu terlambat kerja dan terkadang juga masih ada karyawan yang melakukan bolos kerja. Perusahaan menetapkan jam kerja mulai pukul 08.00 pagi, akan tetapi pada kenyataannya masih ada karyawan yang sering terlambat kerja.
Dari latar belakang diatas penulis merumuskan 2 masalah yang meliputi:: Bagaimana gaya kepemimpinan yang diterapkan pemimpin perusahaan UD. Widagdo Rahayu Pacitan dan Bagaimana dampak gaya kepemimpinan terhadap produktivitas kerja di UD. Widagdo Rahayu Pacitan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Pemimpin UD. Widagdo Rahayu Pacitan lebih dominan menggunakan tipe kemimpinan yang demokratis. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap pemimpin pada saat mengatur dan mengontrol karyawanya, dalam hal ini pemimpin bersikap obyektif atau tidak membedakan karyawan satu dengan karyawan lainya. Hal tersebut terlihat dari peraturan yang yang di tetapkan UD. Widagdo Rahayu Pacitan berlaku untuk semua karyawan baik yang memiliki jabatan tinggi maupun karyawan yang memiliki jabatan rendah. Gaya kepemimpinan yang paling tepat adalah suatu gaya yang dapat memaksimumkan produktivitas, kepuasan kerja, pertumbuhan dan mudah dengan segala situasi. Terdapat 2 dampak gaya kepemimpinan terhadap produktivitas kerja karyawan yaitu dampak pada kualitas dan kuantitas produk. Pemimpin UD. Widagdo Rahayu Pacitan sangat memperhatikan kualitas produk yang dihasilkan. Hal tersebut terbukti bahwa perusahaan sudah memperoleh sertifikat kelayakan pengolahan ikan, aertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI), sertifikat SNI. Sedangkan dalam Kuantitas produk yang dihasilkan berdasarkan data yang diambil pada tahun 2019 setiap bulan mengalami fluktuasi. Pemimpin tidak memberikan target kepada karyawan mengenai produk yang akan dihasilkan, hal tersebut membuat karyawan bekerja secara santai dan bahkan ada beberapa karyawan yang melangar dan melalaikan kedisiplinan kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:01
Last Modified: 22 Jun 2020 03:01
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10568

Actions (login required)

View Item View Item