(BELUM ADA TANDA TANGAN KAJUR)Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VA MI Ma'arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Nadzah, Zulfiana Qodrun (1998) (BELUM ADA TANDA TANGAN KAJUR)Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VA MI Ma'arif Mayak Tonatan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
skripsi Zulfiana.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nadzah, Zulfiana Qodrun. 2019. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap
Kecerdasan Emosional Siswa Kelas 5A MI Ma’arif Mayak Tonatan
Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020 Skripsi. Jurusan Pendidikan
Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Mukhlison Efendi,
M.Ag.
Kata kunci: Pola Asuh, otoriter, permisif, otoritatif, tidak peduli dan
Kecerdasan Emosional.
Dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti pada
saat para wali murid sedang mengantar anaknya setiap pagi maupun ketika
menjembut sang anak di MI Ma’arif Mayak dengan beragam sikap yang berbedabeda. Selain itu peneliti juga menemukan berbagai macam sikap siswa khususnya
siswa kelas 5A dengan kemampuan yang berbeda-beda dalam mengendalikan
emosinya ketika berinteraksi dengan teman maupun gurunya. Orang tua sangat
berperan dalam pembentukan karakter sang anak, oleh karena itu orang tua
hendaknya menerapkan pola asuh yang tepat untuk mendidik anak. Dengan
masalah tersebut peneliti melakukan penelitian tentang pengaruh pola asuh orang
tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas 5A MI Ma’arif Mayak Tonatan
Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui pengaruh pola asuh
otoriter terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V MI Ma’arif Mayak Tonatan
Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. (2) Mengetahui pengaruh pola asuh permisif
terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V MI Ma’arif Mayak Tonatan
Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. (3) Mengetahui pengaruh pola asuh otoritatif
terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V MI Ma’arif Mayak Tonatan
Ponorogo tahun ajaran 2019/2020. (4) Mengetahui pengaruh pola asuh tidak
peduli (rejecting-neglecting) terhadap kecerdasan emosional siswa kelas V MI
Ma’arif Mayak Tonatan Ponorogo tahun ajaran 2019/2020.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian
kuantitatif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi.
Adapun teknik analisis datanya menggunakan uji one way anova dengan bantuan
softwere SPSS versi 23.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa: Tidak terdapat pengaruh yang
signifikan pola asuh orang tua terhadap kecerdasan emosional siswa kelas va mi
ma’arif mayak tonatan ponorogo tahun ajaran 2019/2020. Baik itu pola asuh
otoriter, permisif, otoritatif maupun tidak peduli. Karena hasil nilai signifikansi
pada uji one way anova 0,268 > α (0,05), maka Ho diterima dan Ha di tolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mukhlison Effendi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:54
Last Modified: 22 Jun 2020 02:54
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10564

Actions (login required)

View Item View Item