Upaya Peningkatan Kemampuan Menghafal Juz Amma Dengan Menggunakan Media Animasi Bagi Siswa Kelas V Sdn 3 Muhammadiyah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020

Prasekti, Intan (2020) Upaya Peningkatan Kemampuan Menghafal Juz Amma Dengan Menggunakan Media Animasi Bagi Siswa Kelas V Sdn 3 Muhammadiyah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_2106161137_INTAN PRASEKTI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Intan Prasekti. 2020. Upaya Peningkatan Kemampuan Menghafal Juz Amma dengan Menggunakan Media Animasi Bagi Siswa Kelas V SDN 3 Muhammadiyah Bungkal Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020. Skripsi. Jurrusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ali Baul Chusna,MSI.

Kata Kunci: Media Animasi, Menghafal Juz Amma
Penelitian ini dilakukan karena pada proses pembelajaran Tahfidz Qur’an di SDN 3 Muhammadiyah Bungkal terdapat banyak siswa yang belum lancar dalam menghafal Juz Amma. Kendala ini disebabkan karena penggunaan media pembelajaran yang belum bervariatif. Sehingga perlu diadakannya Penelitian Tindakan Kelas untuk mengatasi permasalahan tersebut. Siswa merasa kurang tertarik terhadap media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Dalam penelitian tindakan kelas ini, peneliti menggunakan media modern berupa media video animasi berbasis audiovisual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi penggunaan media animasi dalam pembelajaran juz amma siswa kelas V di SDN 3 Muhammadiyah Bungkal Ponorogo tahun pelajaran 2018/2019 dan mengetahui peningkatan kemampuan menghafal juz amma siswa kelas V SDN 3 Muhammadiyah Bungkal Ponorogo dengan digunakannya media animasi berbasis audiovisual.
Penelitian ini dilakukan di SDN 3 Muhammadiyah Bungkal Ponorogo. Metode yang digunakan yaitu metode Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dimulai dari kegiatan pra siklus, kemudian dilanjutkan siklus I daan siklus II. Data penelitian lain diperoleh dari penilaian produk, dokumentasi, wawancara, dan observasi yang dilakukan di sekolah.
Hasil analisis data ditemukan bahwa proses penggunaan media animasi dalam pembelajaran mampu meningkatkan kemampuan menghafal juz amma siswa kelas V SDN 3 Muhammadiyah Bungkal Ponorogo. Penjelasan ini dapat dilihat dari hasil nilai yang diperoleh siswa, nilai aktivitas guru, dan nilai aktivitas siswa yang telah diamati. Nilai yang diperoleh dari aktivitas guru adalah pada kegiatan pra siklus yaitu 75, nilai yang diperoleh pada kegiatan siklus 1 yaitu 82.14, dan nilai yang diperoleh pada kegiatan siklus 2 yaitu 92.86. Sedangkan nilai yang diperoleh dari aktivitas siswa pada kegiatan sipra siklus yaitu 60, nilai yang diperoleh pada kegiatan siklus 1 yaitu 80, dan nilai yang diperoleh pada kegiatan siklus 2 yaitu 93.33.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ali Baul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:50
Last Modified: 22 Jun 2020 02:50
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10563

Actions (login required)

View Item View Item