Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Non Performing Financing Terhadap Return On Asset Bank Umum Syariah Tahun 2018-2019

Nurfidayani, Elfy (2020) Pengaruh Dana Pihak Ketiga Dan Non Performing Financing Terhadap Return On Asset Bank Umum Syariah Tahun 2018-2019. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
upload e thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Elfy Nurfidayani. 2020. Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Financing Terhadap Return On Asset Bank Umum Syariah Tahun 2018-2019. Skripsi. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Ponorogo. Pembimbing: Hanik Fitriani, M.E.Sy.
Kata Kunci: Deposito, Giro, Tabungan, Pembiayaan Bermasalah
Retrun On Asset adalah kemampuan perusahaan dalam menggunakan asset yang dimiliki dan mengukur efektifias perusahaan dalam menghasilkan laba atau keuntungan. Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) merupakan bagian dari laporan keuangan suatu bank yang diduga berpengaruh terhadap ROA bank. Secara teori variabel DPK berpengaruh pada peningkatan Profitabilitas karena kenaikan DPK akan meningkatkan perolehan laba karena naiknya pembiayaan yang dilakukan oleh bank. Sedangkan variabel NPF berpengaruh negative terhadap Profitabilitas karena semakin tinggi NPF maka akan semakin kecil kemampuan bank dalam menghasilkan laba. Namun pada kenyataannya peneliti menemukan fakta yang berbeda dengan teori yang ada yakni ketika DPK meningkat dan NPF menurun ROA justru mengalami penurunan., dan ketika DPK mengalami penurunan dan NPF mengalami kenaikan ROA justru mengalami kenaikan.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif. Penelitian ini bersifat kuantitatif yang berupa angka-angka atau besaran tertentu yang sifatnya pasti. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Bank Muamalat Indonesia, Bank Syariah Mandiri, Bank Mega Syariah, Bank BNI Syariah, Bank BRI Syariah, Bank Victoria Syariah, Bank BTPN Syariah, Bank Bukopin Syariah, Bank BCA Syariah, Bank Jabar Banten Syariah, dengan metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan triwulan selama periode penelitian dari tahun 2015 sampai dengan tahun 2018 melalui website resmi masing-masing bank.
Berdasarkan penelitian ini ditemukan hasil bahwa : (1) Variabel DPK berpengaruh positif signifikan terhadap variabel Profitabilitas Bank Umum Syariah, ditunjukkan dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu -4,710 > 2,030 dan sig < α yaitu 0,000 < 0,05. (2) Variabel NPF berpengaruh negatif signifikan terhadap variabel Profitabilitas Bank Umum Syariah, ditunjukkan dengan nilai Thitung > Ttabel yaitu 4,637 > 2,030 dan sig < α yaitu 0,000 < 0,05. (3) Variabel DPK dan NPF berpengaruh signifikan terhadap Profitabilitas Bank Umum Syariah dengan nilai R Square 0,609 menunjukan bahwa kemampuan variabel DPK dan NPF menjelaskan variabel profitabilitas sebesar 60,9% sedangkan sisanya, 39,1% dijelaskan oleh variabel lain. (4) Variabel NPF berpengaruh dominan terhadap ROA dengan hasil koefisien determinasi sederhana 34,57%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Hanik Fitriani
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:43
Last Modified: 22 Jun 2020 02:43
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10559

Actions (login required)

View Item View Item