Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Serial Animasi Upin Ipin Musim 6 dan Relevansinya dalam Pendidikan Kewarganegaraan Tingkat Sekolah Dasar

Fauzi, Sukron Nur (2020) Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Serial Animasi Upin Ipin Musim 6 dan Relevansinya dalam Pendidikan Kewarganegaraan Tingkat Sekolah Dasar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Unggah Perpustakaan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Sukron Nur Fauzi, “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter dalam Serial Animasi musim 6 dan Relevansinya dengan Pendidikan Kewarganegaraan”. Skripsi. Ponorogo: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN), 2020.
Kata Kunci: Nilai Pendidikan Karakter, Serial Animasi Upin Ipin, Pendidikan Kewarganegaraan, Relevansi Tingkat Sekolah Dasar.
Pendidikan Karakter merupakan sebuah usaha mendidik anak-anak agar dapat mengambil keputusan dengan bijak dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga para peserta didik dapat memberikan kontribusi yang positif kepada lingkungannya. Pendidikan kewarganegaraan diyakini dapat membentuk peserta didik untuk memiliki kecerdasan, rasa tanggung jawab, berkeadaban, memiliki rasa nasionalisme, dan yang paling penting adalah memiliki rasa siap untuk bela negara. Akan tetapi ada beberapa permasalahan yang terjadi pada peserta didik tingkat sekolah dasar yakni banyaknya aksi perundungaan antar peserta didik, sikap peserta didik yang mencontek saat ulangan atau ujian dan banyaknya peserta didik yang tidak mengerjakan tugas yang diberikan pendidik, hal tersebut terjadi karena kurangnya sikap cinta damai, toleransi, kurangnya bersahabat atau komunikatif, kurangnya sikap mandir, jujur dan kurangnya tanggung jawab oleh peserta didik.
Permasalahan yang dikaji oleh peneliti dalam penelitian ini adalah (1) Apa nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam serial animasi upin ipin musim 6 (2) Bagaimana relevansi nilai pendidikan karakter serial animasi upin ipin dengan pendidikan kewarganegaraan kelas 1, 2, 3 Tingkat sekolah dasar.
Penulis menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertumpu pada studi pustaka (Library Research), teknik pengumpulan data mengunakan pengumpul data Literer atau dokumenter yang menghimpun baik dokumen tertulis, gambar, maupun Elektronik kemudian ditulis secara sistematis. Teknis Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Analisis Isi (Content Analysis) data dari catatan-catatan atau dokumen-dokumen.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam serial animasi Upin Ipin ini mengandung nilai pendidikan karakter, adapun nilai pendidikan karakter tersebut adalah religius, rasa ingin tahu, disiplin, tanggung jawab, toleransi, jujur, mandiri, cinta damai, bersahabat/komunikatif, kerja keras, peduli sosial, menghargai prestasi, kreatif, dan peduli lingkungan. Relevansi pendidikan kewarganegaraan untuk tingkat sekolah dasar Menjelaskan Hak Bermain, Belajar, Hak Anggota Keluarga dirumah, Melaksanankan hak anak dirumah, sekolah dan Tata tertib dirumah yang terkandung dalam serial animasi Upin Ipin musim 6 terdapat pada kelas 1, 2, dan 3 karena pada materi ajar kelas tersebut terdapat hak dan kewajiban serta sikap saling menghargai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fenty Andriani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 22 Jun 2020 02:41
Last Modified: 22 Jun 2020 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10549

Actions (login required)

View Item View Item