Peran Kiai Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangonsuman Ponorogo

Aulia, David Agba (2020) Peran Kiai Dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Al-Barokah Mangonsuman Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210315063_DAVID AGBA AULIA.PDF-1-8564.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Aulia, David Agba. 2020. Peran Kyai dalam Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Santri Pondok Pesantren Al-Barokah. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Nurdin, M. Ag.

Kata Kunci: Peran Kiai, Kecerdasan Spiritual

Keberadaan kiai dan pondok pesantren merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan, karena figur kiai sangatlah dominan dalam menentukan segala arah kebijakan, pengelolaan, dan pengembangan pondok pesantren. Kiai dengan kharismanya dapat mengelola pondok pesantren dengan baik sebagai pionir pendidikan Islam di Indonesia. Kecerdasan spiritual merupakan kemampuan manusia untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Ilahiah sebagai manifestasi dari aktivitasnya dalam kehidupan sehari-hari. Manusia pada saat ini tidak cukup hanya memiliki kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional saja, melainkan harus dilengkapi dengan kecerdasan spiritual yang didapatkan dengan cara mendekatkan diri kepada Allah Swt.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui peran kyai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual sebagai teladan pada santri di pondok Al Barokah, (2) untuk mengetahui peran kyai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual sebagai motivator pada santri di pondok Al Barokah, (3) untuk mengetahui peran kyai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual sebagai pendidik pada santri di pondok Al Barokah.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data: waawancara, dokumentasi, dan observasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, data display, dan penarikan kesimpulan.

Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: (1) Peran kyai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual sebagai teladan pada santri di pondok Al-Barokah yaitu para santri diwajibkan untuk selalu bersikap baik dan grapyak kepada warga sekitar. Para santri juga diajarkan tepo seliro kepada antar sesama. Selain itu, apabila santri melakukan kesalahan, mereka harus siap mengakui kesalahannya dan segera minta maaf, (2) Peran kyai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual sebagai motivator pada santri di pondok Al-Barokah yaitu terdapat banyak cara yang dilakukan para ustadz/ustadzah pondok Al-Barokah agar santri bisa jadi motivator untuk diri sendiri maupun orang lain yaitu yaitu dengan mengajarkan arti percaya diri, belajar mengendalikan emosi, belajar berbicara yang baik, dan juga kreatif, (3) Peran kyai dalam meningkatkan kecerdasan spiritual sebagai pendidik pada santri di pondok Al-Barokah yaitu selalu menekankan keistiqomahan kepada para santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhammad Nurdin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2020 02:59
Last Modified: 19 Jun 2020 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10534

Actions (login required)

View Item View Item