Literasi Huruf Arab Bagi Siswa Di MI Ma'arif Gupolo Babadan Ponorogo

Fathoni, Adyb Nur (2020) Literasi Huruf Arab Bagi Siswa Di MI Ma'arif Gupolo Babadan Ponorogo. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210616077 ADYB NUR FATHONI.pdf

Download (677kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fathoni, Adyb Nur. 2020. Literasi Huruf Arab bagi Siswa di MI Ma’arif Gupolo Babadan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Ali Ba’ul Chusna.

Kata Kunci :Literasi, Huruf Arab
MI Ma’arif Gupolo Bababan Ponorogo merupakan lembaga pendidikan di bawah naungan LP Ma’arif NU Cabang Ponorogo. Di dalam salah satu visi misinya dapat mencetak lulusan yang pandai dalam ilmu Al-Qur’an salah satunya menulis, membaca, menghafal serta mengamalkan Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari. Sebagimana yang disampaikan oleh GPAI di MI Ma’arif Gupolo ini bahwasanya ada 2 kegiatan literasi menulis huruf Arab di MI Ma’arif Gupolo, yakni pembelajaran menulis huruf Arab dan seni kaligrafi. Sedangkan tujuan diadakannya kegiatan literasi ini ialah untuk meningkatkan kemampuan menulis huruf Arab yakni dengan cara pembiasaan melalui kegiatan literasi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui pelaksanaan literasi menulis huruf arab bagi siswa MI Ma’arif Gupolo Babadan Ponorogo, (2) mengetahui hasil literasi huruf arab bagi siswa MI Ma’arif Gupolo Babadan Ponorogo dan (3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat literasi huruf Arab bagi siswa MI Ma’arif Gupolo.
Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif, yaitu yang memiliki ciri khas alami (natural) yang sesuai kondisi objektif di lapangan tanpa adanya manipulasi. Sedangkan jenis penelitiannya adalah study kasus dengan teknik mengumpulan wawancara, observasi dan dokumen. Analisis datanya mengikuti konsep yang diberikan Miles Huberman yang mencangkup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan literasi huruf Arab di MI Ma’arif Gupolo ini dilatar belakangi atas usulan-usulan dari guru bahasa Arab. Dalam pelaksanaan kegiatan literasi huruf Arab ini ada 2 kegiatan yaitu pembelajaran menulis huruf Arab dan kegiatan seni kaligrafi (2) Adapun hasil dari kegiatan literasi huruf Arab di MI Ma’rif Gupolo ini sudah berjalan dengan baik. Hasil dari kegiatan literasi huruf Arab pada kelas I sampai VI siswa-siswi mengalami peningkatan dari segi ketrampilan dan prestasi. dan (3) Faktor pendukung dari kegiatan literasi huruf Arab yakni (a) pelatih yang berkompenten di bidang seni kaligrafi dan seni qiroatil Qur’an, (b) sarana dan prasarana yang memadai, dan (c) dukungan dan motivasi dari guru dan orang tua yang besar. Selain itu ada faktor penghambat dalam pelaksanaan literasi huruf Arab ini yakni (a) waktu yang sangat minim yaitu 1 jam, (b) kurangnya jumlah pelatih dan (c) semangat siswa yang naik turun.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ali Ba'ul Chusna
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:00
Last Modified: 19 Jun 2020 03:00
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10533

Actions (login required)

View Item View Item