Pengaruh Pembelajaran dan Lokasi Bank Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Madiun)

Jannah, Syayyidah Rodhotul (2020) Pengaruh Pembelajaran dan Lokasi Bank Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Madiun). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SYAYYIDAH RODHOTUL J SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Jannah, Syayyidah Rodhotul . 2020. “Pengaruh Pembelajaran dan Lokasi Bank Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah (Studi Kasus Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Madiun),” Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Ely Masykuroh, SE., MSI.

Kata Kunci: Pengalaman, Tempat, Perilaku Konsumen, Pembelian.

Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara teori dengan kehidupan nyata di lapangan. Dimana dalam teori disebutkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian diantaranya karena faktor pembelajaran, dan lokasi bank. Sedangkan berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan nasabah memiliki hasil yang berbeda. Pembelajaran masa lalu yang kurang baik tidak mengubah keputusan nasabah untuk berpindah ke bank konvensional. Sedangkan lokasi bank yang strategis dan baik tidak membuat nasabah tertarik untuk menabung di bank syariah. Sehingga penelitian ini dilakukan untuk menguji kembali teori yang sudah ada karena adanya kesenjangan tersebut. Rumusan masalah dari skripsi ini adalah : 1. Apakah Pembelajaran berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Madiun? 2. Apakah Lokasi Bank berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Madiun? 3. Apakah Pembelajaran dan Lokasi Bank secara simultan berpengaruh terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Muamalat Kantor Cabang Pembantu Madiun?

Model yang digunakan dalam penelitian ini model penelitian asosiatif kausal yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih yang bersifat sebab akibat. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian survei yaitu penelitian yang menggambarkan atau menguraikan suatu keadaan sejelas mungkin dengan cara menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Adapun populasi dalam penelitian ini sebanyak 7.800 nasabah dalam periode 2019. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah insidental sampling sebanyak 100 responden sebagai sampel penelitian. Dan teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Pembelajaran berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat KCP Madiun yang dibuktikan dengan nilai thitung 3,413 lebih besar dari ttabel 1,661. 2) lokasi bank berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat KCP Madiun yang dibuktikan dengan nilai thitung 2,263 lebih besar dari ttabel 1,661. 3) Secara simultan pembelajaran dan lokasi bank berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah menabung di Bank Muamalat KCP Madiun yang dibuktikan dengan nilai Fhitung 14,443 lebih besar dari Ftabel 3,10.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ely Masykuroh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2020 02:14
Last Modified: 19 Jun 2020 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10527

Actions (login required)

View Item View Item