pemikiran mohammad hatta tentang ekonomi kerakyatan perspektif ekonomi islam mohammad abdul mannan

Ashari, Aan Nur Hasim (2020) pemikiran mohammad hatta tentang ekonomi kerakyatan perspektif ekonomi islam mohammad abdul mannan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
AAN NUR HASIM ASHARI_210716112.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Ashari, Aan Nur Hasim. 2020. Pemikiran Mohammad Hatta Tentang Ekonomi Kerakyatan Perspektif Ekonomi Islam Mohammad Abdul Mannan. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Program Ekonomi Syariah.
Kata kunci: Ekonomi Kerakyatan, Mohammad Hatta, Ekonomi Islam, koperasi

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai pemikiran ekonomi Mohammad Hatta yang obyektif, utuh dan komprehensif, yang akhirnya diharapkan dapat membuka jangkauan yang lebih luas dalam upaya aplikasi dan konseptualisasi pada perekonomian nasional.
Penelitian ini berupa penelitian kepustakaan (library research) dengan data dan cara analisis kualitatif dengan mendeskripsikan dan menganalisis obyek penelitian yaitu membaca dan menelaah berbagai sumber yang berkaitan dengan topik, untuk kemudian dilakukan analisis dan akhirnya mengambil kesimpulan yang akan dituangkan dalam bentuk laporan tertulis. Skripsi ini menggunakan content analysis dan metode komparasi.
Adapun masalah yang dikaji dalam penelitian ini ialah tentang pandangan Hatta terhadap ekonomi Islam, yang mana Hatta sangat menjunjung tinggi tentang konsep kesejahteraan dan keadilan bagi umat. Sehingga nilai-nilai Islam sangat penting bagi keberlangsungan pemikiran Hatta.
Kemudian terkait pemikiran ekonomi yang digagas oleh Mohammad Hatta sebagian besar tidak bertentangan dengan ekonomi Islam. Seperti konsep hak atas kepemilikan dan hak akan keadilan, jaminan sosial dll. Dengan itu bahwa konsep ekonomi Mohammad Hatta yang Instrumenya Koperasi sangat menerapkan prinsip-prinsip ekonomi Islam seperti halnya yang diutarakan Mohammad Abdul Mannan tentang Instrumen ekonomi islam. Sehingga sampai saat ini koperasi masih berkembang meskipun tidak se-eksis lembaga keuangan (Bank Konvensonal). Namun ada juga yang bertentangan dengan ekonomi Islam yaitu pemikirannya yang membolehkan praktik bunga di dalam bank dan pemikiran Hatta tersebut kiranya dapat dimaklumi karena Hatta memandang tidak adanya instrumen lain selain mendirikan bank (konvensional seperti yang ada pada saat ini) untuk menghimpun dana masyarakat untuk membangun kembali perekonomian Indonesia yang saat itu sangat berantakan pasca penjajahan. Terlebih lagi pada saat itu belum adanya praktik bank syariah yang memakai instrument mudharabah dan murabahah sebagai pengganti alternatif bunga. Dan perlu dipahami bahwa pada waktu itu kondisi Indonesia sangat tertinggal. Dengan demikan peran pemikiran Hatta dalam Instrumen koperasi sangat berpengaruh bagi perkembangan perekonomian Indonesia mulai dari mencerdaskan bangsa, meninggkatkan pendapatan masyarakat, menciptakan lapangan pekerjaan, meningkatkan taraf hidup masyaratakat dan mempersatukan dan mengembangkan daya usaha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Haniffudin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2020 02:05
Last Modified: 19 Jun 2020 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10524

Actions (login required)

View Item View Item