Implikasi Program Tahfidz Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Siswa Di SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020

Fardiansyah, Dani (2020) Implikasi Program Tahfidz Terhadap Kecerdasan Emosional Dan Spiritual Siswa Di SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Dani Fardiansyah e thesis IAIN Ponorogo abstrak belum.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Fardiansyah, Dani2020. Implikasi Program Tahfidz Terhadap Kecerdasan Emosional dan Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi. JurusanPendidikan Agama IslamInstitut Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama IslamNegeri(IAIN) Ponorogo. PembimbingAfif Syaiful Mahmudin, M.Pd.
KataKunci :Program Tahfidz, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual
Al-Qur’an merupakan kitab sempurna yang menjadi pedoman bagi umat manusia, sehingga menjadi kewajiban umat Islam untuk menjaganya, dengan salah satu upayanya adalah dengan menghafalnya. Menghafal Al-Qur’an yang jumlahnyabegitubanyakmenurutakal yang sulitmenjalaninya. Apalagibagiseseorangsiswa. Namun banyak manfaat yang dapat diambil dari kegiatan menghafalAl-Qur’an, selain peningkatan hasil belajar menghafalAl-Qur’an juga mampu mengembangkan kecerdasan pada siswa. Maka dari itu, SMP Ma’arif 1 Ponorogo mengadakan program tahfidz selain untuk mewujudkan peserta didik yang mencintaiAl-Qur’anjuga menghasilkan para tahfidz yang akan menjaga kemurnianAl-Qur’an.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dari penelitian ini adalah: 1)Bagaimana pengelolaan program tahfidz di SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahunajaran 2019/2020? 2) Bagaimana dampak program tahfidz terhadap kecerdasan emosional siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020? 3)Bagaimana dampak spiritual program tahfidz terhadap kecerdasanspiritual siswa di SMP Ma’arif 1 Ponorogo tahun ajaran 2019/2020?
Metodepenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahmetodepenelitiankualitatifdeskriptifuntukmenganalisisn data-data berupakalimatatau kata. Jenispenelitian yang digunakanadalahbersifatstudikasus, karenapenelitimelihatlangsungmasalah yang terdapatdalamlokasidanmemperhatikankeadaan yang diteliti. Teknikpengumpulan data berupaobservasi, wawancara, dandokumentasi. Data dianalisisdenganpengumpulan data, mereduksi data, penyajian data, danpenyajiankesimpulan.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengelolaan program tahfidz di SMP Ma’arif 1 Ponorogo sudah menerapkan unsur-unsur yang terdapat dalam sistem pengelolaan dan juga manajemen yang sesuai dengan teori. Kecerdasan emosional siswa berkembang dengan baik pada siswa yang aktif dalam program tahfidz, selain hal tersebut kecerdasan spiritual pada siswa juga ikut berkembang dengan baik pada siswa yang terlibat aktif didalamnya. Hal tersebut dirasakan oleh guru dan juga siswa yang aktif didalamnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Afif Syaiful Mahmudin
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 19 Jun 2020 02:24
Last Modified: 19 Jun 2020 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10515

Actions (login required)

View Item View Item