Analisis Penerapan Prinsip 5c Dalam Memberikan Pembiayaan Mikro Ib Di Bri Syariah Kcp Ponorogo

Retnaningdyah, Dwi (2020) Analisis Penerapan Prinsip 5c Dalam Memberikan Pembiayaan Mikro Ib Di Bri Syariah Kcp Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
etheses Dwi Retnaningdyah.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Retnaningdyah Dwi. 2020. Analisis Penerapan Prinsip 5C Dalam Memberikan Pembiayaan Mikro iB Di BRI Syariah KCP Ponorogo. Skripsi, Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Ika Susilawati., M.M.
Kata Kunci : Perbankan Syariah, UMKM, Murabahah.
Dalam proses pembiayaan di perbankan syariah sering dijumpai pembiayaan bermasalah. Untuk mengurangi resiko tersebut, pihak bank syariah melakukan suatu penilaian kelayakan sebelum menyetujui permohonan. Salah satu penilain yang digunakan adalah penerapan prinsip 5C yang terdiri Character, Capacity, Capital, Condition dan Collateral yang kesemuanya harus diterapkan. BRI Syariah KCP Ponorogo dalam analisis pembiayaan yang dilakukan belum efektif. Terbukti dengan adanya pembiayaan bermasalah yang terjadi pada beberapa nasabah pembiayaan mikro iB di BRI Syariah KCP Ponorogo. Rumusan masalah dari penelitian ini diantaranya: (1) Untuk mengetahui dan menganalisis mekanisme pembiayaan mikro iB di bank BRI Syariah KCP Ponorogo (2) Untuk mengetahui dan menganalisis penerapan prinsip 5C dalam memberikan pembiayaan mikro iB di BRI Syariah KCP Ponorogo. Obyek dalam penelitian ini adalah pimpinan BRI Syariah KCP Ponorogo dan AOM (Account Officer Mikro).
Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini bersifat deduktif.
Hasil dari penelitian ini mekanisme dalam memberikan pembiayaan mikro iB di BRI Syariah KCP Ponorogo itu ada beberapa step (1) pengajuan permohonan (2) cek SID (3) analisis 5C (4) financing approval (5) reject/approv (6) financing dokumen (7) penandatanganan akad serta pencairan (8) financing monitoring, dengan tolak ukur kemudahan agar menarik calon nasabah untuk tetap mengajukan pembiayaan dan persyaratan yang dapat segera dipenuhi oleh calon nasabah, disamping itu AOM yang kejar target setiap bulannya yang penerapan prinsip 5C nya belum sepenuhnya diterapkan pada semua usaha, masih beberapa usaha yang memang sudah mempunyai teknologi modern. Seharusnya tidak memilih setiap usaha yang akan diberi pembiayaan apalagi para UMKM. Prinsip 5C yang belum sepenuhnya digunakan perlu adanya kehati-hatian dalam penilaian karena untuk menghindari resiko dimasa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ika Susilawati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2020 05:22
Last Modified: 18 Jun 2020 05:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10503

Actions (login required)

View Item View Item