Analisis Efektivitas Monitoring Pada Pembiayaan Mikro Reguler IB di PT Bank BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit

Santi, Radiana (2020) Analisis Efektivitas Monitoring Pada Pembiayaan Mikro Reguler IB di PT Bank BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI RADIANA SANTI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Santi, Radiana. 2020. Analisis Efektivitas Monitoring pada Pembiayaan Mikro Reguler IB di PT Bank BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ridho Rokamah, S.Ag, MSI.
Kata Kunci: Financing, Pencairan, Kredit

Pentingnya analisis efektivitas monitoring pembiayaan mikro reguler IB ialah agar sistem/prosedur dan ketentuan-ketentuan sebagai dasar credit operation dapat dilaksanakan semaksimum mungkin. Administrasi dan dokumentasi kredit harus terlaksana sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diterapkan sehingga ketelitian, kelengkapan, keaslian dan akurasinya dapat menjadi informasi bagi setiap lini manajemen yang terlibat dalam pembiayaan. Sehingga pemanfaatan pembiayaan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai dan adanya efek dari pembiayaan yang diberikan. Namun, pada praktiknya di Bank BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit pemanfaatan pembiayaan seringkali keluar dari akad yang telah disepakati yakni digunakan untuk kebutuhan konsumtif. Kesepakatan dan tujuan pembiayaan mikro reguler IB seharusnya untuk pembiayaan modal kerja dan atau investasi namun sebagian nasabah menggunakan untuk kebutuhan konsumtif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana analisis prosedur monitoring pembiayaan mikro regular IB di PT. BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit? (2) Bagaimana analisis efektivitas monitoring pembiayaan mikro regular IB di PT. BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit?
Jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian kasus dan penelitian lapangan (Case Study and Field Research) yang menggunakan metode kualitatif deskriptif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan yaitu menggunakan alur penalaran induktif, yaitu penarikan kesimpulan dari pengalaman individual (khusus) untuk mendapatkan kesimpulan secara umum (generalisasi).
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa prosedur monitoring pembiayaan mikro reguler IB yang dilakukan oleh Bank BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit sudah sesuai, hal ini dibuktikan dengan sudah diterapkannya prosedur monitoring secara runtut mulai dari monitoring sebelum pencairan dan sesudah pencairan. Dengan tahapan on desk monitoring, on site monitoring, trade checking, financing checking dan early signal. Sedangkan efektifitas monitoring pembiayaan mikro reguler IB yang dilakukan Bank BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit masih dirasa kurang efektif. Karena monitoring yang dilakukan yakni monitoring sebelum pencairan yang meliputi on desk monitoring, on site monitoring, trade checking, financing checking dan early signal. Monitoring sesudah pencairan yakni on desk monitoring dan financing checking, sedangkan on site monitoring, trade checking, early signal hanya dilakukan ketika terdapat masalah/ kendala yang dialami oleh nasabah. Dengan demikian seharusnya BRI Syariah KCP Mojokerto Majapahit melaksanakan monitoring secara menyeluruh baik sebelum maupun sesudah pencairan, serta meningkatkan produktivitas SDM/karyawan melalui workshop secara berkala dan terus menerus.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:15
Last Modified: 18 Jun 2020 04:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10497

Actions (login required)

View Item View Item