Pengaruh Customer Capital Terhadap Loyalitas dengan Komitmen Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada BRI Syariah KCP Ploso Jombang

Dzakiyyati, 'Aidah (2020) Pengaruh Customer Capital Terhadap Loyalitas dengan Komitmen Nasabah Sebagai Variabel Intervening Pada BRI Syariah KCP Ploso Jombang. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ETHESES 'AIDAH DZAKIYYATI.pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Dzakiyyati, Aidah, 2020, Pengaruh Customer Capital terhadap Loyalitas dengan Komitmen Nasabah sebagai variabel intervening pada BRIS KCP Ploso Jombang. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Luhur Prasetiyo, S.Ag, M.E.I.
Kata kunci: Accidental Sampling, Path Analysis, Sobel Test.
Loyalitas nasabah sangat penting untuk keberlangsungan sebuah bank. Loyalitas nasabah bisa terwujud jika bank bisa menjaga komitmen nasabah dengan cara menjaga hubungan baik dengan nasabah. Namun data yang tercatat di BRI Syariah KCP Ploso ternyata beberapa nasabah ada yang menutup rekening mereka karena ingin berpindah ke bank lain. Diantara alasan mereka berpindah ke bank lain karena mereka memiliki beberapa rekening. Mereka menutup rekening di BRI Syariah KCP Ploso dan lebih mempertahankan pada rekening bank lain untuk digunakan dalam bertransaksi. Padahal, hubungan baik antara nasabah dan BRI Syariah KCP Ploso sudah terjalin dengan baik. Berdasarkan latar belakang tersebut, rumusan masalah yang dibahas dalam penelitian: 1) Apakah customer capital memiliki pengaruh langsung terhadap loyalitas pada BRI Syariah KCP Ploso Jombang?; 2) Apakah customer capital memiliki pengaruh tidak langsung terhadap loyalitas melalui variabel intervening pada BRI Syariah KCP Ploso Jombang?
Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Data responden diperoleh dengan teknik accidental sampling, melalui penyebaran kuesioner atau angket terdiri dari 22 pernyataan yang diberikan kepada 50 nasabah. Selanjutnya, dilakukan uji validitas dan reliabilitas data untuk mengetahui valid atau tidaknya sebuah intrumen penelitian. Data diuji menggunakan penghitungan komputasi program SPSS 24. Data diolah melalui path analysis dan sobel test.
Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh langsung terhadap variabel independen bahwa customer capital secara langsung berpengaruh terhadap loyalitas BRI Syariah Kabupaten Jombang, dengan kata lain semakin baik Customer Capital maka akan berpengaruh terhadap Loyalitas. Pengaruh secara tidak langsung customer capital terhadap loyalitas melalui komitmen nasabah sebagai variabel intervening, dilihat dari signifikannya pengaruh customer capital terhadap komitmen nasabah dan customer capital berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas, tetapi pengaruh langsung komitmen nasabah terhadap loyalitas tidak signifikan, Artinya customer capital dapat meningkatkan loyalitas melalui perantara faktor komitmen nasabah atau menggunakan pengaruh tidak langsung.artinya customer capital dapat meningkatkan loyalitas melalui perantara faktor komitmen nasabah atau menggunakan pengaruh tidak langsung.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:36
Last Modified: 18 Jun 2020 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10492

Actions (login required)

View Item View Item