Analisis Pemasaran Pembiayaan Mikro dalam Pencapaian Target pada BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri

Vidayani, Evi Hanik (2020) Analisis Pemasaran Pembiayaan Mikro dalam Pencapaian Target pada BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Evi Hanik Vidayani Upload.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pemasaran merupakan salah satu fungsi strategis dalam perusahaan dalam menjalankan aktivitas bisnisnya. Alat yang digunakan oleh perusahaan dalam kegiatan pemasaran disebut dengan bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik. Dalam hal ini BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri telah menerapkan bauran pemasaran 7P namun masih belum menerapkan secaa keseluruh komponen dari masing-masing unsur bauran pemasaran untuk mencapai target pembiayaan mikro. Target pembiayaan mikro pada tahun 2019 yaitu sebesar Rp. 18.313.000.000 dimana telah mencapai target pusat sebesar 39,13% tetapi belum mencapai target internal bank sebesar 8,87%. Hal tersebut dapat diketahui bahwa meskipun telah menerapkan bauran pemasaran target masih tidak tercapai. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaiamana pelaksanaan pemasaran pembiayaan mikro dalam pencapaian target pada BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri dan mengapa pelaksanaan pemasaran pembiayaan mikro yang dilakukan karyawan tidak memenuhi target meskipun telah menerapkan bauran pemasaran 7P. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemasaran pembiayaan mikro dalam pencapaian target pada BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri dan untuk mengetahui penyebab pelaksanaan pemasaran pembiayaan mikro yang dilakukan karyawan tidak memenuhi target meskipun sudah menerapkan bauran pemasaran 7P.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian field research (penelitian lapangan) yaitu suatu penelitian yang dilakukan dalam kancah kehidupan sebenarnya. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu cara kerja penelitian yang menekankan pada aspek pendalaman data demi mendapatkan kualitas dari hasil suatu penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemasaran yang dilakukan BRI Syariah KCP Ngronggo Kediri telah menerapkan bauran pemasaran 7P namun ada beberapa komponen dari unsur bauran pemasaran masih belum diterapkan seluruhnya. Faktor internal tidak tercapainya target karena individu AOM nya yang kurang bersemangat dalam mencari nasabah dan kurang dalam mencari bahan atau calon nasabah. Faktor eksternal tidak tercapainya target banyaknya masyarakat yang menginginkan margin murah. Di lapangan para AOM juga bersaing dengan bank syariah lainnya dan plafon pembiayaan yang terbatas hanya sampai Rp. 200.000.000. Adanya beberapa kondisi yang tidak bisa dinegosiasi terkait jaminan yang harus berhubungan dengan notaris.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ridho Rokamah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:52
Last Modified: 18 Jun 2020 01:52
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10483

Actions (login required)

View Item View Item