Dampak Program Kajian Ahad Pagi terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Ngawi

Rohmi, Lianni (2020) Dampak Program Kajian Ahad Pagi terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LIANNI ROHMI.pdf

Download (986kB) | Preview

Abstract

Rohmi, Lianni. 2020. Dampak Program Kajian Ahad Pagi Terhadap Kecerdasan Spiritual Siswa di SMP Muhammadiyah 1 Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing, Arif Rahman Hakim, M.Pd.

Kata kunci: Kajian Ahad Pagi, Kecerdasan Spiritual

Kecerdasan spiritual di era modern saat ini menjadi kebutuhan pokok bagi sebagian besar orang tua, mereka sangat merasakan pengaruh dari kemajuan teknologi membawa dampak yang tidak hanya positif tetapi juga negatif yang tidak bisa dianggap enteng. Memilih Sekolah secara selektif yang bisa mengakomodir kebutuhan anak-anak mereka menjadi kebutuhan wajib, Sekolah dituntut tidak hanya mampu mencetak generasi cerdas ilmu pengetahuan tetapi juga cerdas dalam spiritual dengan harapan mampu menjadi benteng terhadap pengaruh zaman. Sehingga SMP Muhammadiyah 1 Ngawi berinisiatif mengadakan program kajian ahad pagi yang mewajibkan guru, siswa, dan orang tua untuk mengikuti kajian tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan program kajian ahad pagi minggu kedua di SMP Muhammadiyah 1 Ngawi (2) Mendeskripsikan dampak progam kajian ahad pagi minggu kedua terhadap kecerdasan spiritual siswa di SMP Muhammadiyah 1 Ngawi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus serta dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Ngawi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Pelaksanaan kajian ahad pagi dilaksanakan satu bulan sekali pada hari minggu kedua dimulai pada pukul 06.00 sampai pukul 07.00. Penanggung jawab kajian yaitu pimpinan cabang Muhammadiyah (PCM) dan kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Ngawi. Kegiatan ini dimulai dengan pembacaan susunan acara, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-quran, tahfidz, dan acara inti dari program kajian ahad pagi minggu kedua yaitu penyampaian materi oleh Bapak Warto Abbas dari Ngawi dan kajian selanjutnya diisi oleh Bapak Anis Yuliarso dari Paron, Ngawi. Dalam kegiatan ini siswa diberikan tugas literasi yaitu merangkum apa yang disampika pemateri kemudian dikumpulkan ke wali kelas masing-masing. (2) Dampak kegitan program kajian ahad pagi adalah kecerdasan spiritual siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya, kesadaran siswa meningkat, siswa tidak perlu diperintah untuk melaksanakan sholat lima waktu, siswa lebih mudah untuk bersosialisasi dengan masyarakat, siswa mempunyai jiwa saling memaafkan, saling membantu dan mempunyai prinsip dan tujuan hidup yang berorientasi kepada Allah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Arif Rahman Hakim
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:49
Last Modified: 18 Jun 2020 01:49
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10477

Actions (login required)

View Item View Item