(KESEDIAAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN BERMETERAI BLM ADA)..Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Financing terhadap Pembiayaan pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015-2018

Alfi Ma'firoh, Dede (2020) (KESEDIAAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN BERMETERAI BLM ADA)..Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Financing terhadap Pembiayaan pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2015-2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Skripsi Dede Alfi Ma'firoh-dikonversi.pdf

Download (925kB)

Abstract

ABSTRAK
Dede Alfi Ma’firoh. 2020. “Pengaruh Dana Pihak Ketiga dan Non Performing Financing terhadap Pembiayaan Bank Umum Syariah di Indonesia Tahun 2015-2018”. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr. Luhur Prasetiyo, S.Ag.,M.E.I.
Kata Kunci: Pembiayaan, Dana dan Non Financing.
Pertumbuhan setiap bank sangat dipengaruhi oleh perkembangan kemampuannya menghimpun dana masyarak. Disamping itu, pengendalian biaya mempunyai hubungan terhadap kinerja lembaga perbankan, sehingga semakin tinggi tingkat NPF maka semakin kecil jumlah pembiayaan yang disalurkan oleh bank, sebaliknya apabila tingkat NPF rendah maka pembiayaan yang disalurkan akan tinggi. Akan tetapi, masih ditemukan adanya ketidaksesuaian dengan teori dimanaDPK mengalami kenaikan dan pembiayaan turun di tahun 2014 pada PT. Bank Mandiri Syariah.Selain itu, NPF mengalami kenaikan pada tahun 2017 sedangkan pembiayaan juga mengalami kenaikan. Padahal secara teori seharusnya NPF mengalami penurunan, maka pembiayaan mengalami kenaikan. Berdasarkan latar belakang tersebut, Penelitian ini untuk menganalisis 1) apakah Dana Pihak Ketiga (DPK) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan, 2) apakah Non Performing Financing (NPF) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembiayaan, 3) apakah Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) berpengaruh secara simultan terhadap pembiayaan.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan data sekunder dengan populasi penelitian ini adalah laporan keuangan tahunan Bank Umum Syariah periode 2015-2018 dengan sampel 11 bank umum syariah yang di ambil berdasarkan kriteria purposive sampling. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh positif dan signifikan DPK dengan pembiayaan. Dilihat dari nilai signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga disimpulkan bahwa ada pengaruh DPK terhadap Pembiayaan sigifikan.2) NPF tidak berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pembiayaan. Dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,545 lebih besar dari 0,05, sehingga disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh NPF terhadap Pembiayaan signifikan.3) Dana Pihak Ketiga (DPK) dan Non Performing Financing (NPF) secara simultan berpengaruh posititif signifikan terhadap pembiayaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Luhur Prasetiyo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 18 Jun 2020 01:47
Last Modified: 18 Jun 2020 01:47
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10473

Actions (login required)

View Item View Item