Pelaksanaan Prinsip 5C Pada Analisis Kelayakan Pembiayaan KUR di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Blitar

Fransisca, Elsa Yan (2020) Pelaksanaan Prinsip 5C Pada Analisis Kelayakan Pembiayaan KUR di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Blitar. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ELSAYANF_210816135_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Abstrak
Fransisca, Elsa Yan. 2020. Pelaksanaan Prinsip 5C Pada Analisis Kelayakan Pembiayaan KUR di Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Blitar. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Iza Hanifuddin, Ph.D.
Kata Kunci: Pembiayaan KUR, Implikasi, NOA (Number Of Account).
Bank BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Blitar salah satu lembaga keuangan yang menggunakan prinsip 5C pada analisis kelayakan pada pembiayaan KUR. Menurut Lukan Dendawijaya prinsip 5C (caracter, capital, capacity, collateral dan condition of economy) merupakan faktor utama yang digunakan untuk analisis kelayakan pembiayaan. Namun pelaksanaan analisis kelayakan yang dilakukan Bank BRI Syariah KCP Blitar ini memiliki keunikan yaitu dalam melaksanakan prinsip 5C pada analisis kelayakan lebih mengutamakan 3C saja, yaitu caracter, capacity, dan collateral, sehingga perlu digali lebih dalam karena tidak sesuai dengan teori prinsip 5C yang telah dikemukakan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan prinsip 5C pada analisis kelayakan pembiayaan KUR di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Blitar, mengapa pada praktiknya pelaksanaan prinsip 5C pada analisis kelayakan pembiayaan KUR di Bank BRI Syariah KCP Blitar hanya menggunakan 3C (caracter, capacity, dan collateral) saja, dan bagaimana implikasi pelaksanaan prinsip 5C pada analisis kelayakan terhadap pembiayaan KUR di BRI Syariah Kantor Cabang Pembantu Blitar.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di bank BRI Syariah KCP Blitar. Jenis penelitian field reseacrh atau penelitian lapangan, sumber data yang didapatkan yaitu sumber data primer diperoleh dari informan (Pimpinan Cabang Pembantu, dan pihak Account Officer Micro) melalui hasil wawancara yang dilakukan di bank BRI Syariah KCP Blitar. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. teknik pengolahan data dengan melakukan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis data bersifat deduktif dan pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilitas triangulasi waktu.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa untuk pelaksanaan prinsip 5C pada analisis kelayakan sudah sesuai dengan teori yang dikemukakan dari para ahli, namun belum semua diterapkan secara teliti. Pada prinsip caracter, capacity, serta collateral sudah dilakukan dengan baik karena ke tiga prinsip dijadikan hal yang utama, sedangkan prinsip capital dan condition of economy masih belum maximal karena hanya dijadikan faktor pendukung dalam melaksanakan analisis kelayakan. Implikasi yang dihasilkan dari analisis kelayakan 5C terhadap pembiayaan KUR di BRI Syariah KCP Blitar adalah akan meningkatkan NOA (Number Of Account) atau istilahnya jumlah nasabah bertambah, kualitas kinerja bank juga meningkat, serta dapat meminimalisir terjadinya kerugian yang disebabkan oleh kredit macet.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 05:56
Last Modified: 17 Jun 2020 05:56
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10468

Actions (login required)

View Item View Item