Implementasi Model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (Pakem) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Di Tk Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo

wijayanti, wahyu (2020) Implementasi Model Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif Dan Menyenangkan (Pakem) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Di Tk Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI AYUK A5.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wijayanti, Wahyu, 2020. Implementasi Model Pembelajaran Aktif, Kreatif ,Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) Dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini di TK Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo. Skripsi,JurusanPendidikan Islam AnakUsiaDini ,FakultasTarbiyahdanIlmuKeguruanIAIN Ponorogo. PembimbingMukhlisonEfendi, M.Ag

Kata Kunci: Model Pembelajaran, KonsentrasiBelajar, AnakUsiaDini.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kekhawatiran dan sekaligus harapan para orang tua terhadap perkembangan anak terutama anak usia dini. Hal ini karena usia lahir sampai memasuki pendidikan dasar atau usia 0-8 tahun merupakan masa keemasan ( The Golden Age) dalam rentan kehidupan manusia yang tidak bisa terulang. Maka dari itulah masa ini adalah masa yang tepat untuk meletakkan dasar - dasar perkembangan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, emosional-sosial, kreatifitas, dan perkembangan dasar lainnya. Hal tersebut juga terjadi di TK Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo. Di mana para guru di TK Islam Khairiah, mampu merencanakan, mengimplementasikan serta dapat mengevaluasi anak didiknya dengan menggunakan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak. Hal tersebut membuat peneliti tertarik untuk meneliti dengan tujuan : (1). Untuk mengetahui, mengkaji perencanaan model pembelajaran PAKEM di TK Islam Khairiah Jimbe Jenangan Ponorogo, (2). Implementasi model pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan konsetrasi belajar anak usia dini, (3) mengetahui dan mengkaji evaluasi pelaksanaan model pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini.
Penelitian ini dengan menggunakan penelitiankualitatifdenganjenispenelitianstudikasus.Penelitianiniberlokasi di TK Islam KhairiahJimbeJenanganPonorogo.Data yang dihimpunberupa data primer dan data sekunderdansumber data berasaldarisumber data berasaldariobservasi, wawancara, dandokumentasi.Adapunteknikanalisis data mengikutikonsep yang dikemukakanoleh Miles danHubermanyaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dengan Presisten Observation (ketekunan pengamatan), Triangulasi, Peerderinting (Pemeriksaan sejawat melalui diskusi).
Hasilpenelitiansecaraumum menunjukkanbahwa implementasi model pembelajaranaktifkreatifefektifdanmenyenangkan (PAKEM) dalammeningkatkankonsentrasibelajaranakusiadini di TK Islam KhairiahJimbeJenanganPonorogo sudah baik.Secara Khusus dapat diuraikan sebagai berikut: (1). Perencanaan Pembelajaran PAKEM telah sesuai dengan Permendikbud Nomor 146 Tahun 2014 Pasal 2013, (2).Implementasi model pembelajaran PAKEM dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini sudah sangat baik, terlihat dari guru secara aktif dan kreatif dalam mengajar dan memberikan tugas, (3). Evaluasi pembelajaran dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak usia dini sudah disesuaikan dengan indikator pencapaian perkembangan dan mengacu pada standar penilaian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUKHLISON EFENDI
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:38
Last Modified: 06 Jul 2020 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10463

Actions (login required)

View Item View Item