Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2018

Dwiyanti, Susi (2020) Pengaruh Mekanisme Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2018. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Susi Dwiyanti_210716054_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Susi Dwiyanti, 2020. Pengaruh Corporate Governance Terhadap Profitabilitas Perusahaan Yang Tergabung Dalam Jakarta Islamic Index (JII) Tahun 2018. Skripsi, Jurusan Ekonomi Syariah (ES) Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Dr. Anton Sudrajat. M. A.
Kata kunci : Dewan Komisaris, Komisaris Independen, Profitabilitas
Dalam Jakarta Islamic Index (JII) kinerja dewan komisaris dan komisaris independen belum optimal. Hal ini bisa dilihat dari profitabilitas beberapa perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) yang masih di bawah standar rata-rata. Sehingga profitabilitas beberapa perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018 mengalami ketidakseimbangan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh dewan komisaris, komisaris independen terhadap profitabilitas perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018
Penelitian ini menggunakan populasi perusahaan-perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018, dengan menggunakan 30 sampel perusahaan. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan observasi terhadap laporan tahunan perusahan-perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan koefisien determinasi (R2).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel dewan komisaris tidak berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018. Sedangkan komisaris independen berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018. Secara simultan, dewan komisaris dan komisaris independen berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan yang tergabung dalam Jakarta Islamic Index (JII) tahun 2018 dengan besarnya pengaruh sebesar 21.4% sedangkan sisanya 78.6% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anton Sudrajat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:44
Last Modified: 17 Jun 2020 02:44
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10461

Actions (login required)

View Item View Item