Strategi Pemasaran Program Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Madrasah Unggul (Studi Kasus di MIN 3 Magetan)

Rahayu, Ika Putri (2020) Strategi Pemasaran Program Pendidikan dalam Meningkatkan Citra Madrasah Unggul (Studi Kasus di MIN 3 Magetan). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
TESIS IKA PUTRI RAHAYU MPI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Rahayu, Ika Putri. 2020, Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam
Meningkatkan Citra Madrasah Unggul (Studi Kasus di MIN 3
Magetan). Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Program
Pascasarjana, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing: Dr.
Ahmadi, M. Ag.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran Program Pendidikan, Citra Madrasah Unggul
Saat ini banyak sekali bermuculan sekolah-sekolah baru dengan berbagai
program inovatif yang dikembangkan. Dalam suatu wilayah yang berdekatan
tidak hanya satu, dua sekolah yang berdiri, bahkan terkadang terdapat tiga sekolah
sekaligus dengan jenjang yang sama berdiri dengan ciri khas masing-masing. Jika
sekolah tidak mempunyai program inovatif dan tidak memasarkannya tentu
masyarakat tidak akan mempunyai kesan terhadap sekolah tersebut. Startegi
pemasaran dibutuhkan sekolah untuk memasarkan sekolahnya, jangan sampai
karena mendapatkan tidak dikenal dan mendapatkan citra yang buruk kemudian
sekolah ditinggalkan masyarakat dan mereka tidak mau menyekolahkan anaknya
di sekolah tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menjelaskan identifikasi kebutuhan
program pendidikan yang dilakukan MIN 3 Magetan dalam meningkatkan citra
madrasah unggul, (2) Memaparkan analisa program pendidikan yang dilakukan
MIN 3 Magetan dalam meningkatkan citra madrasah unggul, (3) Menjelaskan
tahapan perencanaan program pendidikan yang dilakukan MIN 3 Magetan dalam
meningkatkan citra madrasah unggul, dan (4) Menjelaskan strategi pemasaran
program pendidikan yang digunakan MIN 3 Magetan dalam meningkatkan citra
madrasah unggul.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
studi kasus. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara
mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis meliputi reduksi data,
penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.
Berdasarkan proses pengumpulan dan analisis data, peneliti mendapatkan
hasil: (1) Identifikasi kebutuhan program pendidikan yang dilakukan MIN 3
Magetan berdasarkan kebutuhan siswa, perkembangan zaman, hasil studi banding
yang dilakukan sekolah, dan saran dari wali murid. (2) Analisis program
pendidikan di MIN 3 Magetan dilakukan bersamaan dengan kegiatan evaluasi diri
madrasah (EDM), analisis yang dilakukan meliputi, analisis internal dan analisis
eksternal. (3) Perencanaan program pendidikan yang dilakukan di MIN 3 Magetan
melalui empat tahap, yaitu yang pertama penetapan visi, misi, tujuan sekolah,
tahap kedua perumusan kondisi madrasah, tahap ketiga identifikasi kekuatan dan
kelemahan madrasah, dan tahap keempat yaitu pengembangan rencana kegiatan.
(4) Strategi pemasaran program pendidikan untuk meningkatkan citra madraash
unggul yang digunakan MIN 3 Magetan adalah strategi pemasaran diferensiasi,
dengan mengembangkan berbagai macam program pendidikan pengembangan
madrasah yang berbeda dengan sekolah lain

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Ahmadi
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:46
Last Modified: 17 Jun 2020 02:46
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10460

Actions (login required)

View Item View Item