Implementasi Strategi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Di MTs Sabilul Huda Karangjoho Badegan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020)

Saifuddin, Saifuddin (2020) Implementasi Strategi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Di MTs Sabilul Huda Karangjoho Badegan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_SAIFUDDIN_210315345.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Saifuddin, 2020. Implementasi Strategi Problem Based Learning dalam Meningkatkan Motivasai dan Hasil Belajar Siswa (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas VIII Mata Pelajaran Akidah Akhlaq Di MTs Sabilul Huda Karangjoho Badegan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020). Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Dr. Umi Rohmah, M.Pd.I.
Kata Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Strategi Problem Based Learning
Penelitian ini dilatar belakangi dengan masalah proses pembelajaran yang kurang menarik dan menyenangkan, sehingga siswa merasa bosan, jenuh, dan kurang minat atau bersemangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini disebabkan karena seorang guru ketika pembelajaran berlangsung hanya menggunakan metode ceramah dan monoton. Sehingga dalam kegiatan pembelajaran yang berlangsung masih belum maksimal dan berdampak pada hasil belajar peserta didik yang masih dibawah KKM.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar peserta didik dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq pada materi meningkatkan keimanan kepada rosul Allah di kelas VIII MTs Sabilul Huda Karangjoho Badegan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020; 2) untuk mengetahui bagaimana hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Aqidah Akhlaq pada materi meningkatkan keimanan kepada rosul Allah di Kelas VIII MTs Sabilul Huda Karangjoho Badegan Ponorogo Tahun Pelajaran 2019/2020.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus, dan setiap siklusnya terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini terdiri dari 24 peserta didik kelas VIII MTs Sabilul Huda Karangjoho Badegan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) adanya peningkatan motivasi belajar peserta didik dari pra siklus 58,33 %, siklus I meningkat menjadi 75,0 %, dan pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat drastis mencapai 95,83 %; dan 2) adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari pra siklus mencapai 41,67 %, siklus I menjadi 66,67 %, dan siklus II mencapai 91,67 %. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa strategi Problem Based Learning dapat meningkatkan motivasi dan nilai belajar peserta didik pada mata pelajaran Akidah Akhlaq kelas VIII di MTs Sabilul Huda Karangjoho Badegan Ponorogo tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ummi Rohmah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:49
Last Modified: 17 Jun 2020 06:03
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10456

Actions (login required)

View Item View Item