Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Perilaku Siswa Kelas VI MI Ma'arif Singosaren Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2010.

Febryani, Monita (2020) Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Perilaku Siswa Kelas VI MI Ma'arif Singosaren Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2010. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Monita Skripsi Upload.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Febryani, Monita, 2020.Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru terhadap Perilaku Siswa Kelas VI MI
Ma’arif Singosaren Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Ponorogo,Dosen Pembimbing Anis Afifah, M.Pd.
Kata Kunci:Kompetensi Kepribadian Guru dan Perilaku Siswa

Kompetensi kepribadian yang dimiliki oleh seorang guru mempunyai pengaruh yang
sangat besar terhadap pertumbuhan pribadi, para peserta didik. Perilaku guru dalam proses
pendidikan dan belajar, akan memberikan pengaruh dan corak yang kuat bagi pembinaan
perilaku dan kepribadian anak didiknya. Oleh karena itu, perilaku guru hendaknya dapat
dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat memberikan pengaruh baik kepada para
anak didiknya. Perilaku yang baik siswa akan meningkat ketika para guru dapat
menciptakan lingkungan belajar yang menarik dengan menyajikan karakteristik pribadi yang
siswa anggap menarik, sabar, mengarahkan siswa untuk tahu tujuan materi pelajaran yang
berusaha dipenuhi dan membuat pelajaran berharga untuk dipelajari.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan kompetensi kepribadian guru di
MI Ma‟arif Singosaren Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020, (2) mendiskripsikan
perilaku siswa di kelas VI MI Ma‟arif Singosaren Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran
2019/2020, (3) mengetahui adakah pengaruh signifikan antara kompetensi kepribadian guru
terhadap perilaku siswa kelas VI di MI Ma‟arif Singosaren Jenangan Ponorogo Tahun
Ajaran 2019/2020.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan jenis penelitian yang
bersifat kuantitatif dan metodeekspost facto yaitu penelitian dengan melakukan penyelidikan
secara empiris dan sistematik, dimana peneliti tidak mempunyai kontrol langsung terhadap
variabel-variabel bebas (independent variables), karena fenomena sukar dimanipulasi.
Disamping itu peneliti menggunakan teknik penelitian yaitu penyebaran angket dan
dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Ma‟arif Singosaren
Jenangan Ponorogo dengan teknik nonprobability sampling (jenuh). Data yang terkumpul
dianalisis dan di uji dengan menggunakan analisis uji normalitas, uji liniearitas, uji
autokorelasi, dan uji analisis regres linier sederhana.
Berdasarkan hasil perhitungan analisis regresi linier sederhana dapat disimpulkan
bahwa (1) Kompetensi kepribadian guru dalam kategori sedang yang ditunjukkan dalam
prosentase sebesar (61,1%). (2) Perilaku siswa kelas VI juga termasuk dalam kategori
sedang yaitu ditunjukan dalam prosentase sebesar (72,2%). (3) Terdapat pengaruh yang
signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap perilaku siswa kelas VI MI Ma‟arif
Singosaren Jenangan Ponorogo Tahun Ajaran 2019/2020 diperoleh Fhitung (50.256) ≥
Ftabel (4,49) sehingga Ho ditolak/Ha diterima yaitu pengaruhnya sebesar 77% dan sisanya
sebesar 23% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:41
Last Modified: 17 Jun 2020 02:41
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10455

Actions (login required)

View Item View Item