Pembiasaan Murattal Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al Qur'an MI Tarbiyatul Mubalighin Prambon Dagangan Madiun

Kotimah, Kusnul (2020) Pembiasaan Murattal Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al Qur'an MI Tarbiyatul Mubalighin Prambon Dagangan Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Kusnul Kotimah Upload Skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kotimah, Kusnul. 2020, Pembiasaan Murattal Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal
Al-Quran Mi Tarbiyatul Mubalighin Prambon Dagangan Madiun. Skripsi, Jurusan
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negri Ponorogo. Pembimbing Anis Afifah, M.Pd
Kata Kunci: Pembiasaan Murattal dan Kemampuan Menghafal

Pengajaran Al-Quran kepada anak yang ditanamkan sejak dini merupakan dasar
kebaikan agar kelak anak dapat dengan mudah memahami isi dari Al-Quran. Karena usia
ini adalah usia dimana anak diberikan pehamanan sebagai dasar kehidupan pengajaran
Al-Quran, selain itu juga akan menumbuh kembangkan kecintaanya terhadap Al-Quran
dan lebih menyayangi Al-Quran. Anak adalah amanah Allah yang harus diemban dengan
cara mendidik merek dengan sebaik-baiknya agar menjadi generasi yang berkualitas. Di
MI Tarbiyatul Mubalighin Prambon Dagangan Madiun ini melaksanakan pembiasaan
membaca juz amma yang diharapkan dapat melatih siswa dalam membaca dan
meningkatkan kemampuan menghafal siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendiskripsikan pelaksanaan pembiasaan
murattal di MI Tarbiyatul Mubalighin Prambon Dagangan Madiun, (2) mendiskripsikan
Implikasi murattal dalam meningkatkan kemampuan menghafal siswa MI Tarbiyatul
Mubalighin Prambon Dagangan Madiun.
Penelitian ini dilakukan di MI Tarbiyatul Mubalighin Prambon Dagangan Madiun
dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus.
Pengumpilan dari penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan
dokumentasi. Sedangkan teknil analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Pelaksanaan Pembiasaan murattal di
MI Tarbiyatul Mubalighin Prambon Dagangan Madiun. Dilaksanakan setiap hari Selasa
sampai Kamis pukul 07.00 sampai 07.30 WIB. Pertama membaca asmaul husna terlebih
dahulu, dilanjutkan membaca doa setelah asmaul husna, setelah itu membaca alfatihah
dan dilanjutkan membaca surat-surat pendek. Pelaksanaannya dilaksanakan disetiap kelas
dari kelas 1 sampai kelas 6 dengan di dampingi oleh masing-masing guru pendamping
yang sudah terjadwal. Evaluasi Penilaian terakhir dalam pembiasaan ini adalah mengenai
peningkatan kemampuan menghafal siswa. (2) Implikasi murattal dalam meningkatkan
kemampuan menghafal siswa MI Tarbiyatul Mubalighin Prambon Dagangan Madiun.
Mengenai hafalan siswa yang di baca bahwasanya kemampuan siswa menghafal dari segi
kelancaran, tajwid, dan kefasihan sangat baik. Karena siswa sudah terbiasa dalam
membaca juz amma yang dilakukan setiap paginya, dari pihak sekolah juga bekerja sama
dengan orang tua agar selalu mendampingi anaknya dirumah agar hafalan siswa tetap
terjaga dan selalu meningkat. Dari pembiasaan yang dilakukan sejak dini akan
memberikan hasil yang memuaskan, apalagi pembiasaan sudah dilaksanakan sejak kelas
1. Pembiasaan murattal ini memberikan dampak dan hasil yang cukup memuasakan
terhadap kemampuan siswa dalam menghafal, dari segi kelancaran, kefasihan dan
tajwidnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Anis Afifah
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:40
Last Modified: 17 Jun 2020 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10454

Actions (login required)

View Item View Item