Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Al-Qur’an Metode Ummi Melalui Upgrading Bacaan Al-Qur’an Di Ypis Sabilil Haq, Desa Botok, Kecamatan Karas, Magetan

Maghfiroh, Risalatul (2020) Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Al-Qur’an Metode Ummi Melalui Upgrading Bacaan Al-Qur’an Di Ypis Sabilil Haq, Desa Botok, Kecamatan Karas, Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ETHESES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Maghfiroh, Risalatul. 2020. Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru Al-Qur’an Metode Ummi Melalui Upgrading Bacaan Al-Qur’an Metode Ummi Di YPIS Sabilil Haq, Desa Botok, Kecamatan Karas, Magetan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Erwin Yudi Prahara, M. Ag.
Kata Kunci: Kompetensi Profesional, Metode Ummi, Upgrading Bacaan Qur’an
Yayasan Pendidikan Islam dan Sosial (YPIS) Sabilil Haq merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam non-formal yang sudah menggunakan pembelajaran al-Qur’an metode Ummi. Kekuatan dalam metode Ummi untuk mencetak generasi Qur’ani tidak hanya buku atau jilid yang digunakan anak-anak dalam membaca al-Qur’an dan sistem berbasis mutu, tetapi guru yang bermutu juga salah satu kekuatan utama dalam pembelajaran metode Ummi. Untuk mencetak guru yang bermutu yaitu agar tetap terjaga kompetensi profesional guru, sangat diperlukan upaya untuk meningkatkan kualitas bacaan guru dan juga tetap menguasai metodologi dalam pembelajaran semua jilid Ummi. Sehingga visi dan misi pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. Karena kompetensi guru bermutu di metode menjadi kekuatan utama dalam keberhasilan pembelajaran al-Qur’an.
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan upgrading bacaan al-Qur’an metode Ummi untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di YPIS Sabilil Haq dan untuk memaparkan implikasi pelaksanaan upgrading bacaan al-Qur’an metode Ummi terhadap kompetensi profesional guru di YPIS Sabilil Haq Magetan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian studi kasus di Yayasan Pendidikan Islam (YPIS) Sabilil Haq. Untuk prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan pada analisis datanya menggunakan konsep Miles dan Hubermant meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan upgrading bacaan al-Qur’an metode Ummi untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di YPIS Sabilil Haq, sudah terlaksana. Kegiatan upgrading bacaan al-Qur’an secara rutin dilaksanakan satu minggu sekali yaitu pada hari Ahad setelah waktu maghrib. Dalam upgrading tersebut materi yang dikuatkan atau yang diajarkan dibuat berbeda dari minggu ke minggu yaitu pendalaman tilawah seperti makharijul huruf, sifatul huruf, dan tajwid. Kemudian merefresh metodologi pembelajaran dari semua jilid metode Ummi. Karena disetiap jilid metode Ummi terdapat metodologi pengajaran masing-masing untuk dapat dipahami santri-santri. (2) Implikasi pelaksanaan upgrading bacaan al-Qur’an metode Ummi mampu meningkatkan kualitas bacaan Ustadz/zah dengan adanya pendalaman tilawah dan perbaikan pembelajaran al-Qur’an metode Ummi sekaligus YPIS Sabilil Haq dapat mencetak generasi Qur’ani sesuai visi dan misinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Erwin Yudi Prahara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:23
Last Modified: 17 Jun 2020 02:23
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10450

Actions (login required)

View Item View Item