Manajemen Strategik Dalam Mengembangkan Life Skill Lulusan (Studi Multi Kasus Di Man 1 Madiun Dan Sma Muhammadiyah 1 Ponorogo)

Munfangati, Eni (2020) Manajemen Strategik Dalam Mengembangkan Life Skill Lulusan (Studi Multi Kasus Di Man 1 Madiun Dan Sma Muhammadiyah 1 Ponorogo). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ENI MUNFANGATI (MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL LULUSAN (STUDI MULTI KASUS DI MAN 1 MADIUN DAN SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO)).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

MANAJEMEN STRATEGIK DALAM MENGEMBANGKAN LIFE SKILL LULUSAN (STUDI MULTI KASUS DI MAN 1 MADIUN DAN SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO)
ABSTRAK
Era globalisasi harus dilalui oleh siapapun yang di dalamnya sarat dengan kompetensi yang pemenangnya sangat ditentukan oleh kualitas sumber daya manusia. Dibutuhkan upaya komprehensif untuk mendorong kemampuan anak muda yang tidak hanya bertumpu pada kemampuan akademis, tapi juga punya visi, kemampuan emosional dan intelegensia. Pengelola lembaga pendidikan harus merencanakan kegiatan belajar yang dapat membekali peserta didik dengan kecakapan hidup (life skill) yang sesuai dengan lingkungan kehidupan dan kebutuhan peserta didik. Oleh karena itu, pengembangan pendidikan life skill di lembaga pendidikan perlu di manage dengan baik agar lulusannya dapat memiliki kompetensi yang mumpuni untuk melakukan perubahan positif di masyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pengembangan life skill lulusan di MAN 1 Madiun dan SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi multikasus. Sedangkan teknik analisis data menggunakan konsep Mathew B.Miles dan Michael Hubberman, suatu analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan yaitu dengan menggunakan teknik triagulasi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Perencanaan pengembangan life skill lulusan di MAN 1 Madiun dan SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu (a) Mengintegrasi nilai-nilai life skill pada formulasi visi dan misi; (b) Melakukan analisis lingkungan internal eksternal, (c) Memasukkan konsep life skill pada Rencana Kerja Madrasah/Sekolah (RKM/S); (d) Menyusun strategi unggulan yaitu pengembangan kurikulum, pengembangan kegiatan kesiswaan, peningkatan sarpras, dan kompetensi SDM. 2) Pelaksanaan pengembangan life skill lulusan di MAN 1 Madiun dan SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu (a) Mengintegrasikan pendidikan kecakapan hidup (life skill) dalam perangkat pembelajaran, pada tahap ini MAN 1 Madiun mengembangkan person and vocasional skill, sedangkan SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo mengembangkan person and academic skill; (b) Mengembangkan kegiatan intra-ekstrakurikuler, MAN 1 Madiun melaksanakan sertifikasi siswa melalui kegiatan magang dan kunjungan industri di badan atau unit usaha, sedangkan SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo melaksanakan Summer-English Camp di Singapura dan Kediri; (c) Menjalin kerjasama (MoU) dengan instansi luar; (d) Mengembangkan SDM; (e) Mengembangkan fasilitas penunjang secara periodik; (f) Membentuk brand image sebagai salah satu strategi sosialisasi pendidikan life skill. 3) Evaluasi pengembangan life skill lulusan di MAN 1 Madiun dan SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo yaitu (a) Melakukan evaluasi formatif sumatif pada program life skill; (b) Melaksanakan evaluasi sistematik periodik yaitu pelaporan tertulis dan rapat rutin internal setiap semester

MANAGEMENT STRATEGIC IN DEVELOPING LIFE SKILL GRADUATES (MULTI-CASE STUDY IN MAN 1 MADIUN AND SMA MUHAMMADIYAH 1 PONOROGO)
ABSTRACT
The Era of globalization must be passed by anyone in it loaded with competence that the winner is very determined by the quality of human resources. It takes a comprehensive effort to foster a youthful ability that not only rests on academic ability, but also has vision, emotional and intelligent ability. The Board of Education managers must plan astudy program that can equip students withlifeskillsto suit thelife and needs of learners. Therefore , the development of Life skill education in education institution needs to be managed well so that the graduates can have qualified competence to make positive changes in the Community.
The purpose of this research is to analyse the planning, implementation, and evaluation of the development of life skills of graduates in MAN 1 Madiun and SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo.
This Research approach is a qualitatively descriptive approach to multi-case study research types . The data analysis technique uses the Mathew B. Miles and Michael Hubberman concepts, an analysis consisting of data reduction, data presentation, and conclusion withdrawal. And lastly, check the validity of the findings by using triagulation technique.
From the Results of this study can be concluded that 1) Planning Life Skill Development Graduates in MAN 1 Madiun and SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo namely (a) integrate The values of life skills on the formulation of vision and mission; (b) Analysis of external-internal environment, (c) incorporate life skill Concept on the school work plan (RKM/S); (d)the superior strategy is the development of curriculum, development of student activities, improvement of Sarpras, and human resources competency. 2) Implementation of life skill graduates in MAN 1 Madiun and SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo namely (a) integrated Lifeskill in learning devices, at this stage, MAN 1 Madiun develops person and vocasional skill, while SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo develops person and academic skill; (b) develop intra-extracurricular activities, MAN 1 Madiun conducts student certification through internships and industry visits in the body or business UNIT, while SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo conducts Summer-English Camp in Singapore and Kediri; (C) MEstablish cooperation (MoU) with outsideagencies; (D) develop human resources; (e) Develop supporting facilities periodically; (f) Forming brand image as one of life skill education socialization strategies. 3) evaluation of the development of life Skill Graduates in MAN 1 Madiun and SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo namely (a) Conduct a summative formative evaluation of life Skill program; (b) implement periodic systematic evaluation of written reporting and internal recurring meetings every semester

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: M. Miftahul Ulum
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:22
Last Modified: 17 Jun 2020 02:22
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10446

Actions (login required)

View Item View Item