Manajemen Kinerja Profetik Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Multi Kasus Di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo Dan MIT Al Madinah Balong)

Surtianingsih, Surtianingsih (2020) Manajemen Kinerja Profetik Dalam Meningkatkan Mutu Layanan Pendidikan (Studi Multi Kasus Di SDIT Qurrota A'yun Ponorogo Dan MIT Al Madinah Balong). Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
E theses surty jadi.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

SDIT Qurrota A’yun Ponorogo dan MIT al Madinah Balong merupakan lembaga pendidikan swasta di bawah naungan JSIT yang digandrungi oleh masyarakat di kecamatan masing-masing. Dikatakan demikian, sebab kedua lembaga sejak berdiri hingga saat ini mengalami kenaikan jumlah siswa yang signifikan. Upaya kedua lembaga dengan mengusung konsep Islam Terpadu, mampu menyediakan kualitas layanan yang diharapkan masyarakat. Konsep Islam Terpadu yang mengintegrasikan nilai duniawi dan ukhrawi, menarik penulis untuk meneliti kaitan antara pengelolaan kinerja berbasis nilai profetik (spiritual) dengan mutu layanan pendidikan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi multi kasus. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data dengan analisis Miles and Huberman dan analisis komparasi.
Hasil penelitian di SDIT Qurrota A’yun dan MIT al Madinah menunjukkan bahwa nilai-nilai profetik mempengaruhi kinerja pendidik dan tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan. Dalam hal ini terhadap kinerja pendidik di SDIT Qurrota A’yun dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan, nilai profetik berfungsi sebagai standar perilaku dan perwujudan diri, sedangkan di MIT al Madinah, nilai profetik berfungsi sebagai standar perilaku saja. Kemudian, terhadap kinerja tenaga kependidikan dalam meningkatkan mutu layanan pendidikan, baik di SDIT Qurrota A’yun maupun di MIT al Madinah, nilai profetik berfungsi sebagai perwujudan diri. Perbedaannya apabila di SDIT Qurrota A’yun adalah sebagai perwujudan diri untuk memberikan layanan sesuai dengan yang dijanjikan. Sedangkan di MIT al Madinah adalah sebagai perwujudan diri untuk menjamin kualitas layanan yang diberikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Mifathul Choiri
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Program Pascasarjana > Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 17 Jun 2020 02:21
Last Modified: 17 Jun 2020 02:21
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/10444

Actions (login required)

View Item View Item